Juni 16, 2024

Kasepuhan Kadilangu Undang Bupati Demak Hadiri Jamasan Pusaka

Kasepuhan Kadilangu

Kunjungan Kasepuhan Kadilangu ke Pendapa Kabupaten Demak bersama keluarga besar untuk menyampaikan undangan kepada Bupati dr Hj Eisti'anah SE.

Radarmurianews.com, DEMAK – H. Raden Cahyo Iman Santoso yang merupakan sesepuh Kadilangu berkunjung ke Pendapa Kabupaten Demak bersama keluarga besar untuk menyampaikan undangan kepada Bupati dr Hj Eisti’anah SE berikut jajaran Forkompimda untuk menghadiri prosesi jamasan pusaka Sunan Kalijaga pada 17 Juni 2024.

Turut mendampingi Bupati Eisti’anah menerima rombongan tetamu tersebut dr H. Muhammad Zaky Ma’ardi, suami bupati. Selain juga Wabup Kiai Haji Ali Makhsun, Sekda H. Akhmad Sugiharto, Kapolres AKBP Muhammad Purbaja, Dandim Letkol Inf Maryoto, serta sejumlah kepala OPD di Demak.

HR Cahyo Iman Santoso mengungkapkan bahwa selain membalas pisowanan Bupati Eisti’anah pada 23 Mei 2024, kedatangannya dalam rangka mengundang Bupati dan Forkompimda hadir pada prosesi jamasan pusaka Kurang Anta Kusuma dan Keris Kiai Carubuk bersama rangkaian kegiatan lainnya.

“Nantinya akan dimulai dengan khataman Al Qur’an. Penerimaan abon-abon dari Kraton Solo untuk campuran minyak jamas pada H-1 siang, serta tradisi ancakan pada malam harinya,” ungkapnya.

Untuk porsi yang disediakan berbeda dengan sebelumnya karena tahun ini hanya 350 porsi, ancakan atau nasi berserta lauk yang disajikan menggunakan tempat dari anyaman bambu dilambari daun jati tahun ini jumlahnya 521 porsi.

Jumlah tersebut, sesuai usia Kabupaten Demak tahun ini, yaitu Hari Jadi ke-521.

Proses jamasan direncakan mulai pukul 10.00 WIB.

“Kami ingin tradisi Grebeg Besar ini benar-benar memberikan kesan secara spiritual dan khikmat. Insya’Allah masalah Kadilangu tahun ini selesai,” imbuh Sesepuh Kadilangu, yang menyebut masa bakti kepemimpinannya pada 2023-2028.

Ia juga mendoakan agar Bupati Demak Eisti’anah yang tengah merayakan hari kelahiran ke-39, agar dimudahkan segala urusan. Berlimpah rejeki, bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat, serta mudahkan segala urusan. Termasuk terpilih kembali pada Pemilihan Bupati Demak yang akan datang.

Sementara itu, Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan terima kasih.

Apalagi, imbuh dia, sehubungan Grebeg Besar Demak sudah menjadi agenda wisata Kabupaten Demak, maka rangkaian acaranya telah disusun sedemikian rupa tak hanya masyur di antero Nusantara namun juga mancanegara.

“Salah satunya Kirab Tumpeng Sanga yang mulai tahun ini dirangkai dengan tradisi Ancakan Kadilangu, jumlah gunungan tumpeng tak hanya sembilan, tapi ditambah 90 pucuk tumpeng lagi sehingga total 99 tumpeng sebagaimana Asmaul Husna,” ungkapnya.

Views: 19