Mei 17, 2024

Sejumlah Seniman Ikut Ramaikan Panggung Kahanan di Pati

Pati, radarmurianews.com – Panggung Kahanan di Kabupaten Pati benar-benar seru, Sabtu(24/4/2021). Pelaksanaan Panggung Kahanan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seluruh pemain dan kru, mengikuti tes GeNose sebelum memasuki area pertunjukan.

Sebuah event yang digelar secara virtual melalui akun Youtube dan Facebook Ganjar Pranowo. Panggung Kahanan juga menampung donasi masyarakat bagi seniman Jawa Tengah. Dengan donasi bisa disalurkan lewat rekening Bank Jateng nomor 2034191919 atas nama Panggung Kahanan.

Sejumlah seniman turut meramaikan Panggung Kahanan ini. Mereka adalah Aulia Nirwana, Tari Njelmo dari Sanggar Seni Tondonegoro, Nita Ardania, Nadia Ulfa, Lek Mogol Ketoprak Wahyu Menggolo, Resa Lawangsewu, sineas Hajar Pramuji, dan Nurma Silvi. Adapun penampilan pamungkas adalah pemutaran film pendek berjudul Guru karya Hajar Pramuji.

Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya memang mengadakan Panggung Kahanan untuk memenuhi janji kepada seniman.

“Ini janji saya pada seniman. Kita buat Panggung Kahanan,” ujar Ganjar melalui komunikasi virtualnya.

Di antara seniman yang bisa tampil adalah para pemain ketoprak. Mengingat, Pati memang dikenal sebagai kota dengan banyak kelompok ketopraknya.

“Di Panggung Kahanan, saya dorong teman seniman bisa tampil. Teman seniman ketoprak juga bisa tampil,” sambung Ganjar.

Seorang seniman ketoprak, Lek Mogol mengatakan, dia bersama seniman ketoprak di Pati lainnya ikut terdampak pandemi Covid-19.

“Selama pandemi memang membuat seniman ketoprak lesu. Ada sebagian seniman punya pekerjaan lain, tapi memang belum bisa maksimal,” terangnya.

Namun dengan adanya Panggung Kahanan, membuatnya bisa kembali berkreasi.

Views: 19