Juli 17, 2024

Pamsimas, Program Pemenuhan Air Bersih di Desa Panjang

Kudus , radarmurianews.com –  Program Pamsimas / sumur bor  telah menjadi salah satu program andalan nasional untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat. Program ini diharapkan juga bisa mendukung percepatan penurunan stunting atau kerdil serta mencegah terjadinya kasus diare.

Warga Desa Panjang Kecamatan Bae Kabupaten Kudus, merupakan salah satu wilayah/desa bisa menikmati program Pamsimas 2024. Program Pamsimas yang di nantikan warga desa Panjang selama bertahun tahun akhirnya bisa terealisasikan oleh Kepala Desa Panjang, Eko Oktavian. Program yang sangat membantu masyarakat desa Panjang akan akses air bersih yang sehat dan biaya terjangkau di nikmati oleh warga terutama warga desa ekonomi bawah.

Untuk memenuhi ketersediaan air bersih di wilayahnya, Eko Oktavian berhasil membangun dua sumur bor. Untuk Sumur bor yang pertama dibangun pada tahun 2020. Dalam program Pamsimas tersebut, untuk satu titik  Pamsimas bisa melayani kebutuhan air bersih bagi 250 kepala keluarga yang tersebar di wilayah RW 03.. Oleh karena itu, program ini terus dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan dan kurangnya air bersih saat musim kemarau.

Sedangkan untuk sumur kedua, untuk saat ini pembangunannya dalam proses  finishing. Nantinya untuk satu titik  Pamsimas bisa melayani kebutuhan air bersih bagi 250 kepala keluarga sama seperti sumur bor yang pertama.

Saat ditemui radarmurianews.com , Selasa (25/06/2024), Eko Oktavian selaku kepala desa Panjang menjelaskan bahwa di musim kemarau warganya cukup sulit mendapatkan air bersih, maka untuk mengatasi masalah tersebut, maka pihaknya selaku pemerintahan desa  membangun sumur bor / Pamsimas untuk  memenuhi kebutuhan air bersih warganya. (Mbar)

Views: 33