Mei 18, 2024

Samani-Bellinda Serahkan Formulir Penjaringan Cabup PKB Kudus

Kudus, radarmurianews.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Kudus membuka penjaringan bakal calon bupati...

Kudus, radarmurianews.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Kudus membuka penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk diusung pada Pilkada Kudus 2024 secara daring. Dalam acara silaturahim cabup-cawabup 2024 sekaligus sosialisasi tahapan cakada PKB, Minggu (5/5/2024).
Ada sebanyak 10 orang mengambil formulir pendaftaran sebagai calon bupati Kudus pada Pilkada 2024 lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 10 nama yang mengunduh formulir secara daring, antara lain Samani Intakoris, Bellinda Birton, Masan, Abdul Fatiq, Sandung Hidayat, Mawahib, Sugeng, Aksan Komarullah, Moch Tommy, dan Mohammad Riki Pujianto.


Penjaringan secara daring ini dibuka sejak 24 April 2024. Tujuan penjaringan secara darling ini menurut Ketua DPC PKB Kabupaten Kudus Mukhasiron, adalah untuk memudahkan masyarakat baik dari parpol maupun masyarakat umum untuk mendaftar. Pendaftar bisa membuka aplikasi sistem informasi pencalonan kepala daerah (Sicakada) PKB dengan alamat website sicakada.pkb.id untuk mengunduh formulir pendaftaran.


“Mereka mengambil formulir penjaringan untuk bakal calon bupati, sedangkan nama lainnya ada yang mengambil formulir untuk bakal calon wakil bupati,” ujar Mukasiron.


Penerima rekomendasi pertama, kata dia, akan mendapatkan kesempatan untuk menjalin komunikasi, baik dengan internal PKB maupun secara eksternal dengan partai lain, karena untuk mengusung calon maka syarat minimal yang harus dipenuhi partai politik harus memiliki sembilan kursi di DPRD Kudus. Sementara PKB hanya memiliki tujuh kursi di DPRD Kudus hasil Pemilu 2024, sehingga perlu berkoalisi dengan partai lain.

Sementara itu salah satu kandidat cabup dan cawabup Kudus Samani Intakoris dan Bellinda Birton kompak bersama-sama menyerahkan formulir penjaringan cabup dan cawabup di kantor PKB Kabupaten Kudus, Minggu (5/5).


Samani mengatakan, dirinya memang sudah berkomitmen untuk maju bersama-sama dengan Bellinda sebagai calon wakil bupati.
“Kami memang telah berkomitmen untuk mendaftar sepaket untuk cabup dan cawabup,” katanya.


“Komunikasi dengan Parpol terus kami lakukan. Hari ini dengan PKB, tadi kami sudah ke Nasdem. Besok rencananya ke PPP. Dengan Partai lain seperti Partai Gerindra, komunikasi juga telah kami lakukan secara intensif,” jelasnya lebih lanjut.


Menurut Samani, ia yang menawarkan dirinya maju sepaket dengan Bellinda sebagai calon wakil bupati adalah sebagai bentuk keseriusan membangun Kudus lima tahun kedepan.


Samani mengaku sudah satu visi dengan Bellinda untuk maju di Pilkada Kudus, 27 November mendatang. Hal ini, kata dia, penting untuk menghindari perbedaan komunikasi jika nanti mendapat amanah sebagai bupati dan wakil bupati Kudus.


“Banyak cerita kepala daerah yang tidak akur. Bupati dan wakil bupatinya pecah kongsi saat menjabat. Ini yang bagi kami tidak boleh terjadi nanti saat kami mendapatkan amanah itu,” katanya. (Mbar)

Views: 25