Juli 27, 2024

Rekrutmen Mitra BPS Kabupaten Kudus Tahun 2024

Kudus, radarmurianews.com – BPS Kabupaten Kudus mengumumkan pembukaan rekrutmen calon mitra statistik 2024 melalui website https://kuduskab/bps.go.id maupun Instagram resminya @bps_kuduskab, Rabu 1 November 2023. Perekrutan mitra statistik 2024 berlaku seluruh Indonesia, tidak hanya di Kabupaten Kudus.

Dilansir dari laman BPS Kabupaten Kudus, mitra statistik BPS akan bertugas sebagai mitra pendataan dan pengolahan. Mitra pendataan adalah mitra statistik yang memenuhi persyaratan dan diberi tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan lapangan dalam rangka sensus/survei BPS. Sementara itu, mitra pengolahan adalah mitra statistik yang memenuhi persyaratan dan ditugaskan untuk melaksanakan proses pengolahan hasil pendataan lapangan dalam kerangka sensus/survei BPS.

Untuk informasi lebih lengkapnya pelamar rekrutmen mitra statistik BPS dapat mengetahui di laman resmi BPS provinsi/kabupaten/kota setempat. Untuk proses rekrutmen mitra statistik ini berlangsung mulai 1 – 30 November 2023 melalui web resmi https://mitra.bps.go.id/.

Seleksi rekrutmen calon mitra statistik 2024 sendiri akan terdiri dari dua tahap, yakni administrasi dan kompetensi. hasil dari dua tahapan seleksi akan menjadi penentu untuk menetapkan mitra statistik 2024.Mitra yang pernah menjadi petugas sensus/survei di BPS 2023 maupun tahun-tahun sebelumnya tetap perlu mengikuti proses rekrutmen untuk menjadi mitra BPS 2024..


Syarat calon mitra statistik 2024 Dilansir dari laman resminya, calon mitra statistik 2024 diharapkan dapat memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Bukan aparatur sipil negara (ASN)

Sehat jasmani dan rohani Disiplin dan berkomitmen

Bersedia bekerja terikat kontrak

Bersedia mengikuti pelatihan (jika ada)

Mampu berbahasa Indonesia dengan baik serta membaca dan menulis huruf latin Mampu berkomunikasi dengan baik

Diutamakan berpendidikan minimal tamat SMA/sederajat

Diutamakan berdomisili di wilayah pendaftaran

Diutamakan berumur 18-50 tahun pada saat registrasi

Diutamakan memiliki, menguasai, dan dapat menggunakan komputer, gadget, tablet, smartphone

Diutamakan memiliki dan mampu mengendarai kendaraan bermotor

Diutamakan berpengalaman dengan kegiatan sensus atau survei di BPS Diutamakan berasal dari penduduk berdomisili lokal atau setempat

Mampu bekerja sama dan berkoordinasi dengan anggota tim, pegawai BPS, aparatur desa/kelurahan, ketua/pengurus satuan lingkungan setempat (SLS), dan lainnya.

Sebelum mendaftar, calon mitra statistik harus terlebih dahulu memiliki akun pada platform SIMITRA, sebuah layanan dari BPS yang digunakan dalam kegiatan survei maupun sensus.

Bagi masyarakat yang belum memiliki akun, berikut tata cara registrasi untuk mendaftarkan diri sebagai mitra BPS:

Buka situs https://mitra.bps.go.id.

Pada halaman beranda, klik tombol “Registrasi Sekarang”, kemudian isi data, seperti nomor induk kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat email, serta username dan kata sandi.

Klik tombol “Register” setelah semua data terisi dengan benar.

Jika registrasi berhasil, calon mitra akan mendapatkan email verifikasi dengan judul “[BPS – Rekruitmen Mitra] Email Verifikasi”.

Klik tombol “Aktivasi” yang ada pada email tersebut. Setelah akun berhasil diaktivasi, masuk kembali dan isi semua biodata yang dibutuhkan. Kemudian, pilih “Submit Data”. Selanjutnya, untuk dapat mengikuti kegiatan survei BPS 2024, calon mitra perlu mendaftarkan diri pada sensus atau survei yang diminati. Berikut langkah-langkahnya: Klik nama survei/sensus yang diinginkan. Halaman akan menampilkan nama survei, jenis kegiatan, lokasi kegiatan, serta jabatan petugas. Setelah yakin, klik “Daftar” untuk mengikuti seleksi rekrutmen. Situs akan menampilkan pemberitahuan berhasil mendaftar. Terakhir, pilih “OK”.

Views: 53