Juli 17, 2024

Polres Jepara Gelar Lomba Burung Berkicau, Ajang Silaturahmi Bagi Kicau Mania

Lomba burung berkicau.

Polres Jepara gelar lomba burung berkicau.

JEPARA, Radarmurianews.com – Masih dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-77, Polres Jepara menggelar lomba burung berkicau Piala Kapolres Jepara Cup 2023.

Kemeriahan sangat terasa saat burung menghasilkan suara yang merdu dibarengi dengan riuh para peserta dan penonton.

Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Polres Jepara, yang diikuti lebih dari ± 1500 peserta baik dari dalam maupun luar Kabupaten Jepara, dan dibuka oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Minggu (29/7/2023).

Dalam sambutannya, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyampaikan, ucapan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan lomba tersebut.

“Terima kasih juga kepada para peserta lomba baik dari dalam maupun luar Kabupaten Jepara yang telah berpartisipasi ikut menyemarakkan perlombaan ini,” ujarnya.

“Kepada seluruh peserta kami ucapkan selamat bertanding dan jaga selalu sportivitas,” ujarnya.

Kapolres menjelaskan bahwa lomba burung berkicau ini adalah salah satu rangkaian kegiatan lomba yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara Ke-77 tahun 2023.

“Selain menyemarakkan peringatan Hari Bhayangkara, Kita juga maknai kegiatan ini sebagai Cooling System ditengah tahapan Pemilu yang sedang berlangsung. Lomba tersebut juga sebagai ajang silaturahmi antara pecinta burung sekaligus meminimalisir kegiatan anak muda yang suka balap liar serta bermanfaat juga bagi pedagang UMKM dapat bertumbuh atau berkembang,” Jelas AKBP Wahyu.

Kapolres berharap dengan adanya perlombaan ini dapat membangun kemitraan yang solid antara Polri dan masyarakat.

“Dan sebagai wujud nyata Polri dalam mendukung semua kegiatan masyarakat yang bersifat positif, sehingga mewujudkan Polri yang presisi guna terciptanya hubungan harmonis dan sinergis dengan seluruh lapisan elemen masyarakat,” katanya.

Pucuk pimpinan Polres Jepara juga menambahkan, kegiatan ini bentuk kita untuk mengharmoniskan dengan masyarakat khususnya komunitas burung sehingga dapat melestarikan burung kicau di wilayah Kabupaten Jepara.

Kasat Intelkam Polres Jepara AKP R. Aries Sulistiyono selaku Ketua Panitia Perlombaan Burung Berkicau mengatakan, bahwa kegiatan lomba burung berkicau masuk dalam agenda Hari Bhayangkara Ke-77. “Kami pencinta burung berkicau sangat mensupport dan sangat antusias sekali dalam mengisi acara Hari Bhayangkara,” katanya.

“Kegiatan ini merupakan momen yang baik, karena kita kedatangan para pecinta burung dari daerah Kabupaten lainnya,” jelasnya.

Lanjut, Kasat Intelkam menambahkan, bahwa burung berkicau tersebut memperlombakan sebanyak 20 sesi dengan 4 kategori kelas.

“Dalam lomba burung berkicau memperlombakan sebanyak 20 sesi dengan 4 kategori kelas yaitu kelas Kapolres, Wakapolres, Bhayangkara, Community dan memperebutkan uang jutaan rupiah,” ucapnya.

Secara terpisah, salah satu peserta bernama Rifki Ade Permana yang sangat bersemangat membawa burung Murai kesayangannya untuk ditandingkan dengan burung milik kicau mania lainnya.

“Saya merasa senang bisa mengikuti ajang ini, karena selain bisa menyalurkan hobi juga bisa sebagai ajang latihan untuk burung Murai saya sekaligus media silaturahmi antar sesama pecinta burung”, ungkap pria asal Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan itu.

Views: 26