Juli 17, 2024

Momentum 10 Muharram, Yayasan Pembina UMK Berbagi Keceriaan Bersama Ratusan Anak Yatim

Pemberian santunan.

UMK berbagi dengan memberikan santunan terhadap anak yatim.

KUDUS, Radarmurianews.com – Yayasan Pembina Universitas Muria Kudus (YP UMK), memanfaatkan momentum tahun baru Islam 10 Muharram 1445 H dengan berbagi keceriaan bersama anak-anak Yatim dan Piatu dari 17 panti asuhan dan pondok pesantren di Kudus.


Berlangsung di Serua Coffee & Creative Space, Singocandi, Kecamatan Kota, Kudus, Miggu (30/7/2023), acara tersebut menghadirkan sekitar 200 anak yatim piatu beserta pembinanya.


Anis Aminuddin S.E. yang hadir sebagai ketua pelaksana acara tersebut menjelaskan, “Pada acara ini selain kita berikan santunan, mereka kami ajak untuk berbagi kebahagiaan dan keceriaan dengan bermain bersama di wahana yang ada disini”, ucap Anis selaku juga Bendahara Yayasan Pembina UMK.


Anis menambahkan, mereka (anak yatim) tidak hanya diberikan santunan berupa materi, namun juga mereka kita berikan hadiah doorprize bagi yang bisa menjawab kuis, dan setelahnya nannti bisa berenang di wahana yang disediakan.


Kegiatan santunan ini, rutin dilakukan oleh Yayasan Pembina UMK dalam satu tahun selama dua kali, yakni pada bulan Muharram dan juga bulan Ramadhan.


“Ini juga sebagai ajang promosi kita (UMK), dengan kita mengenalkan UMK ke adik-adik ini, diharapkan bisa melanjutkan pendidikan dan mewujudkan cita-cita mereka hingga jenjang perguruan tinggi serta dapat melanjutkannya di UMK”, jelasnya.


Universitas Muria Kudus seperti diketahui, memberikan kesempatan beasiswa yang dapat dimanfaatkan oleh calon mahasiswa baru diantaranya, beasiswa unggulan, beasiswa hafidz, beasiswa MTQ, beasiswa KIP Kemdikbud dan usulan masyarakat serta beasiswa on going seperti beasiswa magang mahasiswa, beswan djarum, beasiswa Bank Indonesia dan banyak lainnya.


Selanjutnya, acara santunan ini juga dihadiri KH. Saaduddin Annasih, atau akrab dipanggil Gus Nasih. Dirinya memberikan tausiyah kepada anak-anak yatim piatu yang hadir dalam acara santunan tersebut.
Gus Nasih memberikan motivasi kepada mereka agar tetap ceria dan bahagia karena Allah SWT telah memerintahkan hambanya agar memiliki kepedulian untuk menjadi orang tua yang bertanggung jawab terhadap anak-anak yatim yang ada di sekitarnya.


“Oleh karena itu, Yayasan Pembina UMK ini berusaha semaksimal mungkin untuk hadir dan peduli kepada adik-adik sekalian”, terangnya.


Tidak hanya itu, Gus Nasih juga memberikan sedikit gambaran kisah Nabi Muhammad SAW yang didatangi sahabatnya. Pada waktu tersebut, sahabat mengeluhkan kerasnya hati kepada Nabi Muhammad SAW, lalu Rasullullah berpesan, “Belas kasihanilah anak-anak yatim dengan cara mengusap kepalanya, lalu berikanlah makanan selayaknya yang biasa engkau makan maka hatimu akan luluh dan hajatmu bisa terkabul,” jelas Gus Nasih.


Disisi lain, Danu salah satu anak Yatim piatu yang hadir merasa bahagia karena dapat diajak bermain dan mendapatkan doorprize pada acara tersebut.


“Seneng banget, bisa bermain di luar pondok bisa dapet hadiah dan bisa renang sama temen-temen yang lain”, ucap Danu.


Danu juga mengucapkan terimakasihnya dan mendoakan agar Universitas Muria Kudus untuk selalu maju kedepannya.


Sebagai informasi, 17 panti yang hadir dalam santunan tersebut diantaranya, Yayasan Badan Wakaf Al Ikhsan (PAY Melati), Yayasan Chodijah Al Djufri (Nurul Jannah), Yayasan Al-Aqsho, Panti Asuhan ‘Aisyiyah, Yayasan Ponpes Shirojul Hanan, Pimpinan Panti Nurul Qur’an, Yayasan Sosial Anak Terlantar Darul Muntamah, Yayasan Asy Syuhudiyyah dan Yayasan Assaidiyah Al Quds, Yayasan KB Salwa Al Firdaus, Yayasan Darul Amanah, YPP Al Hikmah Kudus, PAY Budi Luhur, Ponpes Rumah Yatim Darul Ulum, Pimpinan Dzikrul Hikmah, Ponpes Darul Hadionah dan terakhir dari Panti Syamsah

Views: 17