Februari 21, 2024

Sat Lantas Polres Kudus Polda Jateng Melakukan “Ram Check” Kesiapan Bus

Kudus , radarmurianews.com – Sat Lantas Polres Kudus Polda Jateng melakukan “Ram Check” kesiapan bus yang akan digunakan sebagai transportasi mudik Lebaran 2023. Pengecekan dilakukan di Terminal Induk Kudus dan mengecek semua kelayakan armada dan kesehatan sopir dengan melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus.

Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasat Lantas Polres Kudus AKP Ivan Prabowo menjelaskan, untuk mengantisipai jangan sampai terjadi kecelakaan saat arus mudik lebaran nanti, akibat kondisi kendaraan yang kurang layak atau human eror, pihaknya melakukan Ram Check (inspeksi keselamatan) kendaraan umum diantaranya Angkutan Kota Antar Propinsi (AKAP) dan Travel.

“Ada sekitar 10 kendaraan yang kami lakukan Ram Check kendaraan umum, seperti bus AKAP dan travel. Untuk pengecekan sendiri mulai dari lampu rem dan sein, wiper, kondisi rem, fasilitas tanggap darurat serta kelengkapan surat kendaraan lainnya, untuk memastikan kelaikan kendaraan angkutan mudik lebaran 2023 nanti,” jelas AKP Ivan Prabowo, Rabu (12/4/2023).

Selain melakukan pengecekan kendaraan, petugas juga melakukan tes urin dan cek tekanan darah kepada para sopir angkutan umum, tes urin dilakukan untuk mendeteksi penggunaan narkoba dan obat obat terlarang pada sopir, hal tersebut juga merupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi.

“Selain melakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraan, kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para sopir angkutan, seperti pemeriksaan tekanan darah dan cek urin untuk mendeteksi penggunaan narkoba dan obat obat terlarang, karena ini merupakan salah satu faktor kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi,” imbuhynya.

Dari hasil pengecekan kendaraan angkutan dan pemeriksaan kesehatan terhadap para sopirnya, dipastikan untuk kendaraan angkutan mudik Lebaran 2023 dinyatakan layak jalan dan seluruh sopirnya dinyatakan sehat. Rencananya Ram Check ini akan dilakukan secara berkala hingga memasuki H-1 lebaran.

“Dari hasil Ram Check di lapangan kami bisa menyimpulkan semua kendaraan angkutan mudik Lebaran di Terminal Induk Kudus ini laik jalan dan awak angkutan dalam kondisi sehat, kami akan melakukan pemeriksaan secara berkala hingg H-1 Lebaran nanti,” pungkasnya.

Visits: 47