Juli 27, 2024

Benarkah Kelapa Bakar (Degan Bakar) Mampu Mengatasi Berbagai Gangguan Kesehatan?

Radarmurianews.com – Di masa Pandemi Covid-19 ini, berbagai alternative untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari virus covid-19 banyak dilakukan. Salah satu diantaranya adalah dengan mengkonsumsi air kelapa muda bakar. Banyak isu yang beredar di masyarakat bahwa kelapa bakar berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi masalah pencernaan, mengusir keluhan masuk angin hingga mengatasi diabetes. Namun, benarkah khasiat kelapa bakar tersebut?

Kandungan nutrisi buah kelapa

Buah kelapa atau Cocos nucifera mengandung begitu banyak nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh. Dikutip dari  Pusat Data Nutrisi satu cangkir air kelapa mengandung:

  • Kalori: 46
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 2 gram
  • Vitamin C: 10% dari asupan kebutuhan harian
  • Magnesium: 15% dari asupan kebutuhan harian
  • Mangan: 17% dari asupan kebutuhan harian
  • Natrium: 11% dari asupan kebutuhan harian

Kandungan kalium dalam air dan buah kelapa dapat mengontrol tekanan darah, melancarkan peredaran darah serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

Selain itu, sebuah riset membuktikan efektivitas air kelapa dalam melarutkan batu ginjal.Sayangnya, khasiat buah kelapa ini baru teruji secara ilmiah pada kelapa segar, bukan kelapa yang sudah dibakar. Hingga hari ini, belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan manfaat kelapa bakar bagi kesehatan.

Adakah manfaat kelapa bakar?

Sejatinya, manfaat kelapa bakar yang digadang-gadang penjual kelapa merupakan khasiat asli buah kelapa yang dapat diperoleh tanpa harus melalui proses pembakaran.

Salah kaprah soal manfaat degan bakar  juga menyebabkan masyarakat tidak menyadari bahwa proses pemanasan kelapa bakar, justru akan mengubah sejumlah zat penting bagi kesehatan yang terkandung di dalamnya.Meski demikian, tidak sedikit pelanggan dan penjual yang mengesampingkan hal itu dan tetap menjadikan kelapa bakar sebagai primadona untuk menyehatkan tubuh.

Mengonsumsi degan bakar dengan campuran susu kental manis dan madu yang kian menyempurnakan cita rasa kelapa bakar, justru dapat meningkatkan gula darah dan tidak cocok dikonsumsi penderita diabetes yang ingin merasakan langsung manfaat kelapa bakar.

Perlu dicatat juga bahwa sebagian besar kandungan nutrisi di atas mungkin ada yang berkurang atau bahkan hilang akibat proses pemanasan dalam suhu tinggi.

Manfaat buah kelapa

Tanpa harus melalui proses pembakaran, buah kelapa mengandung nutrisi dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat kelapa tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

1. Mengganti cairan tubuh yang hilang

Manfaat kelapa yang pertama adalah mengganti cairan tubuh yang hilang. Air kelapa dapat berperan menjadi cairan isotonik alami, dan pengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga maupun diare. Minumlah air kelapa, terutama air kelapa muda dalam jumlah banyak untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

2. Menurunkan tekanan darah

Air kelapa juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah risiko terkena penyakit stroke dan kanker. Selain itu, kandungan kalium tinggi dan natrium rendah dalam air kelapa juga mencegah risiko terjadinya penyakit kardiovaskular tersebut.

3. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam kelapa bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab kanker.

4. Mengatasi diabetes

Manfaat kelapa selanjutnya yaitu mengatasi diabetes. Air buah ini membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan membantu penyerapan gula darah dalam tubuh.

5. Menjadi obat kumur alami

Air kelapa yang mengandung zat antiseptik juga bermanfaat sebagai obat kumur alami serta mencegah terjadinya peradangan di area mulut.

6. Membantu menurunkan berat badan

Minyak yang diekstrak dari kelapa disebut efektif mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak perut. Minyak kelapa dapat jadi alternatif minyak yang digunakan untuk memasak makanan diet Anda.

7. Mencegah batu ginjal

Sebuah penelitian menyebut, air kelapa mampu melarutkan batu ginjal dan mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urine. Air kelapa pun dapat mencegah terjadinya berbagai komplikasi akibat penyakit batu ginjal.

Air buah kelapa memang menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun sebaiknya, jangan tergiur iming-iming manfaat degan bakar yang belum sepenuhnya terbukti untuk kesehatan. Anda justru perlu lebih mewaspadai efek samping dari proses pembakarannya yang menggunakan batu bara dalam suhu panas yang tinggi.

Di luar itu, jangan pula jadikan air dan daging kelapa sebagai sumber pengobatan utama Anda. Sebisa mungkin tetap penuhi kebutuhan gizi harian dari sumber makanan yang bervariasi agar asupan nutrisi Anda tetap seimbang.Jika Anda mengalami penyakit tertentu yang disebut-sebut bisa sembuh dengan mengonsumsi air kelapa, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.

Views: 45