Juli 27, 2024

PPKM Darurat Diperpanjang, Dengarkan Suara Rakyat

Semarang, radarmurianews.com – Isu perpanjangan PPKM Darurat sangat meresahkan rakyat. Bagaimana tanggapan Ganjar Pranowo, sebagai Gubernur Jawa Tengah tentang isu ini?

Ganjar Pranowo meminta pemerintah pusat mendengarkan suara rakyat terkait isu perpanjangan PPKM Darurat. Sebab menurutnya, situasi saat ini membuat masyarakat semakin keberatan.

“Masyarakat terlalu berat. Kalau PPKM Darurat diperpanjang dengan pola yang sama seperti ini, masyarakat berat. Maka saya minta kita harus mendengarkan suara masyarakat,” katanya ditemui usai memimpin rapat penanggulangan Covid-19 di kantornya, Senin (19/7/2021).

Pemerintah seharusnya mencari cara-cara yang lebih lunak, jika PPKM Darurat akan diperpanjang.Tentunya semua harus taat protokol kesehatan dan tidak boleh diabaikan.

Dirinya mengatakan melihat sendiri bagaimana beratnya PPKM Darurat di kalangan pedagang kecil. Saat berkeliling sepedaan, ia melihat pedagang pecel di trotoar yang kebingungan karena tidak boleh melayani makan di tempat.

“Aku ya ora tegel (saya tidak tega), bagaimana ada orang jualan pecel, yang duduk di situ teman-teman ojol, tukang becak. Kan kasihan, mereka ndak bisa kalau beli makanan kemudian di makan di tempat lain. Kan mereka orang yang kerjanya keliling,” jelasnya.

Jadi menurutnya, jika PPKM Darurat diperpanjang, maka mungkin pemerintah memperbolehkan warung melayani makan di tempat dengan prokes yang ketat.

“Kalau mereka jualan di trotoar misalnya, yasudah makan di situ dikasih jarak dengan gambar silang-silang. Menurut saya itu kompromi yang bagus,” ucapnya.

Untuk mall misalnya. Ganjar juga mengusulkan agar mall tetap boleh dibuka asalkan ketat. Kalau ada pengunjung yang tidak pakai masker dan tidak ada pembatasan jumlah pengunjung, maka langsung ditutup.

“Jadi itu sebenarnya cara-cara yang bisa dilakukan kalau mau diperpanjang. Karena jeritan masyarakat mengatakan itu berat,” katanya.

Pemprov Jawa Tengah,Ganjar mengatakan sudah menyiapkan skenario refocusing. Pihaknya akan mengajak bicara kades/lurah serta Bupati/Wali Kota untuk menyiapkan refocusing. Walau pun berat mau tidak mau pemerintah harus siap.

Views: 39