April 14, 2024

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021, “Serentak Bergerak, Mewujudkan Merdeka Belajar”

Jakarta, radarmurianews.com – Hari Pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2021 kali ini mengangkat tema “Serentak Bergerak, Mewujudkan Merdeka Belajar”.

Sejarah Hari Pendidikan Nasional juga bertepatan dengan tanggal kelahiran Ki Hajar Dewantara. Perkembangan pendidikan di Indonesia tentu tidak lepas dari jasa pahlawan nasional, salah satunya adalah perjuangan Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara adalah pencetus semboyan “Tut Wuri Handayani” artinya di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan.

Mengingat saat ini kita berada di masa pandemi Covid-19, maka upacara Hardiknas 2021 dilakukan secara virtual. Upacara Hardiknas 2021 diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

Pelaksanaan upacara bendera di Hari Pendidikan Nasional wajib mengikuti protokol kesehatan. Dilaksanakan di lokasi dengan sirkulasi udara yang baik dan pembatasan jumlah petugas, peserta dan undangan serta pengaturan jarak (social distancing) pada barisan.

Selain itu petugas, peserta, dan undangan wajib melakukan pemeriksaan kesehatan dan swab antigen dengan hasil sekurang-kurangnya 1×24 jam sebelum upacara berlangsung. Wajib menggunakan masker kain atau medis minimal dua lapis. Dan petugas berusia maksimal 40 tahun dan diprioritaskan yang sudah melaksanakan vaksin dua kali minimal 30 hari sebelum hari pelaksanaan upacara Hari Pendidikan Nasional 2021.

Upacara bendera dilakukan secara daring atau virtual dan diikuti dari rumah atau tempat tinggal masing-masing dengan menyaksikan siaran langsung di kanal YouTube Kemendikbud RI pada pukul 08.00 WIB.

Dalam sambutannya, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menyampaikan berbagai upaya dan terobosan merdeka belajar untuk memperbaiki pendidikan Indonesia.

“Kementerian secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan merdeka belajar,” ujar Nadiem lewat akun Youtube Kemendikbud, Minggu (2/5/2021).

Menurut dia, ada empat kebijakan yang baik telah dilakukan maupun akan diteruskan oleh Kemendikbud untuk memperbaiki sistem pendidikan. Salah satunya adalah perbaikan pada infrastruktur dan teknologi.

Selain Nadiem, Presiden Joko Widodo atau Jokowi turut mengucapkan selamat memperingati Hardiknas yang diperingati setiap 2 Mei.

Dia meminta para siswa untuk terus semangat dalam menuntut ilmu, meski telah setahun lebih dikurung pandemi Covid-19.

“Setahun lebih dunia terkungkung pandemi, tapi semangat belajar anak-anak kita jangan pernah lunglai,” kata Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi.

Visits: 18