Juni 16, 2024

BANTUAN POMPANISASI, PETANI DESA KIRIG MANFAATKAN UNTUK TANAM BAWANG MERAH

KUDUS, radarmurianews.com – Bila bantuan pompanisasi oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus di hamparan Desa Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu bisa mempercepat petani menanam melon, maka bantuan pompanisai di desa Kirig kecamatan Kaliwungu bermanfaat pada petani untuk beraktifitas menanam kembali.

Bantuan pinjaman pompa ini merupakan perintah langsung dari Bupati Kudus HM Hartopo, setelah menerima laporan monitoring kondisi dari Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Catur Sulistiyanto S.Sos MM. Sehingga, proses pompanisasi di sungai depan SMK Assaidiyah Kirig Mejobo langsung disaksikan beberapa waktu lalu.

Setelah genangan air mulai surut, melalui penyuluh pertanian BPP Kecamatan Mejobo melaksanakan pendampingan aktifitas petani yang mulai kembali menanam di desa Kirig. Pada hamparan Poktan Tani Jaya sudah tahap pemindahan tanaman padi dari persemaian ke lahan tanam. Sedangkan pada hamparan Poktan Sumber Makmur petani memulai tanam bawang merah (bamer).

Hanifah, Penyuluh Pertanian BPP Kecamatan Mejobo wilayah binaan Desa Kirig, mengungkapkan bahwa saat ini petani sedang menanam bawang merah di lahan sebelah pinggir. Sebab pada bagian tengah hamparan masih terdapat genangan yang belum surut.

Penanaman bamer ini untuk memenuhi kebutuhan hari raya idul adha warga Kudus. Masa panen tanaman Bawang Merah 65-70 hari setelah tanam. Nah, saat ini para petani Poktan Sumber Makmur tersebut sudah tanam. Maka diperkirakan awal bulan Juli 2021 sudah bisa melakukan panen. Kemudian dilakukan pengeringan dengan dijemur sekira satu minggu dan sudah bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Masyarakat membutuhkan bawang merah untuk kebutuhan memasak daging kurban.

Views: 35