Juni 16, 2024

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Dampingi Gerdal OPT

Kudus, radarmurianews.com – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus yang dipimpin Catur Sulistiyanto S.Sos MM terus melakukan pendampingan pada petani. Hampir semua kecamatan di Kudus memiliki BPP. Lewat BPP inilah mereka memberi penyuluhan kepada para petani. Mulai dari gerdal (gerakan pengendalian) OPT sampai pelayanan konsultasi kartu tani.

Melalui penyuluh pertanian BPP Kecamatan Bae, melaksanakan gerdal OPT setelah mendapatkan laporan dari petani terkait datangnya penggerek batang ke tanaman padinya. Lokasi gerdal di lahan Poktan Rahayu Makmur Desa Bae Kecamatan Bae bersama para petani. Kegiatan dilakukan dengan memperhatikan keamanan untuk petani. Yaitu menggunakan masker dan sarung tangan.

Pendampingan gerdal juga dilakukan penyuluh pertanian BPP Kecamatan Kaliwungu wilayah binaan Desa Kaliwungu, Ariyanto. Para petani melakukan kegiatan pengendalian HPT tanaman pada pada hamparan Poktan Tani Sejati. Di desa Kedungdowo, penyuluh pertanian Nur Huda Ahmada, sedang koordinasi dengan pengurus untuk pelaksanaan gerdal OPT.

Sedangkan Koordinator BPP Kecamatan Kaliwungu berbincang dengan Muslih, anggota poktan Karono Tirto dipinggir hamparan Dukuh Karangturi Desa Setrokalangan tentang permasalahan pupuk dan kartu tani.

Pada wilayah BPP Kecamatan Jekulo, para penyuluh pertanian juga hadir di lahan petani. Nur Amali sedang monitoring tanaman padi yang sudah mulai tumbuh di area persawahan Desa Gondoharum. M Kusnan monitoring genangan persawahan di desa Bulungcangkring dan Koordinator BPP Jekulo hadir di lahan tanaman jagung desa Tanjungrejo.

Sementara BPP Kecamatan Mejobo, membuka pintu kantor untuk pelayanan konsultasi para petani dengan bertemu para penyuluh sesuai wilayah desa binaan masing-masing.

Views: 29