Juli 27, 2024

Rice Cooker Anda Kotor Dan Bau ? Ikuti Tips Berikut Ini

Radarmurianews.com – Alat penanak nasi, yang secara umum juga dikenal dengan istilah rice cooker hampir dimiliki oleh setiap rumah tangga. Rice cooker dan magic com sudah menjadi salah satu perlengkapan rumah tangga yang esensial. Menanak nasi dengan menggunakan rice cooker dan magic com praktis dan menghemat waktu. Namun, agar peralatan dapur yang sangat penting ini awet, Anda perlu tahu cara merawatnya.

Sebagai persiapan cara membersihkan rice cooker, pastikan perlengkapan dapur ini tidak terhubung dengan aliran listrik. Cabut semua kabel yang menghubungkan rice cooker dengan listrik. Jika Anda membuka tutup rice cooker dan mengangkat pancinya, Anda akan menjumpai plat pemanas yang berada di dasar bagian dalam rice cooker Pastikan plat dalam keadaan dingin sebelum membersihkan.

Berikut ini cara membersihkan rice cooker :

Cara membersihkan tutup rice cooker :

  1. Jika tutup rice cooker Anda bisa dilepas, Anda dapat mencucinya dengan menggunakan spons dan sabun cuci piring. Setelah mencuci bilas hingga bersih.
  2. Jika tutup rice cooker Anda tidak bisa dilepaskan, bersihkan dengan menggunakan spons yang sudah dibasahi dengan air sabun pencuci piring. Lap tutup dengan spons. Setelah bersih, lap dengan kain lap bersih yang sudah dilembapkan air untuk mengangkat sisa-sisa sabun.
  3. Membersihkan tutup dengan cermat adalah salah satu cara menghilangkan bau pada rice cooker Sisa air karena penguapan yang tersimpan di bagian engsel dapat menimbulkan bau jika tidak dibersihkan.

Cara membersihkan panci rice cooker :

  1. Merendam panci rice cooker segera setelah dipakai adalah cara menghilangkan kerak nasi di rice cooker yang paling efektif. Anda dapat merendam panci dengan air panas atau air dingin
  2. Jika merendam menggunakan air panas, rendam panci kurang lebih 15 menit. Jika merendam menggunakan air dingin, rendam kurang lebih 30 menit
  3. Jika ada kerak nasi membandel, rendam panci semalaman sebagai cara menghilangkan kerak nasi di rice cooker
  4. Setelah direndam, sisa nasi akan terangkat. Buang air rendaman lalu cuci panci dengan menggunakan spons dan sabun pencuci piring
  5. Bilas dengan air bersih sampai seluruh sisa sabun hilang

Cara membersihkan rice cooker bagian dalam :

  1. Angkat tutup rice cooker lalu keluarkan pancinya untuk mulai dengan membersihkan bagian dalam
  2. Siapkan kain lap yang telah dilembapkan dengan air, lalu lap bagian dalam secara keseluruhan
  3. Jika ada kotoran yang menempel dan sudah mengering pada permukaan plat, Anda dapat menggunakan kertas amplas untuk menggosoknya Gosok perlahan hingga seluruh kotoran terangkat.
  4. Lanjutkan dengan mengelap sisa kotoran kering dengan kain lap lembab

Cara menghilangkan bau pada rice cooker :

  1. Nasi yang dibiarkan terlalu lama sampai menjadi basi akan mengakibatkan bau pada rice cooker
  2. Campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:3 dapat dimanfaatkan sebagai cara membersihkan rice cooker yang bau
  3. Tuang campuran ke dalam panci rice cooker lalu nyalakan rice cooker.
  4. Setelah mendidih, matikan dan biarkan dingin
  5. Cuci panci dan tutup dengan spons dan sabun pencuci piring
  6. Gunakan kain lap lembap untuk mengelap bagian dalam beserta dengan tutupnya (jika tutup tidak dapat dilepas) sebagai bagian dari cara membershkan rice cooker yang bau.

Selain menerapkan cara membersihkan rice cooker bagian dalam, bersihkan juga bagian luarnya secara rutin. Semoga bermanfaat.

Views: 43