Juli 27, 2024

Jafest 2021, Resmi dibuka Menkop UKM Guna Pulihkan Ekonomi Nasional

Bandung, radarmurianews.com – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki resmi membuka acara Jabar Culture and Tourism Festival (JAFEST) 2021 di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (21/3/2021). Kegiatan ini diusung oleh empat ikatan alumni dari perguruan tinggi negeri.

Kegiatan ini digelar dalam rangka upaya pemulihan ekonomi nasional dengan memberdayakan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Ketua ikatan alumni Universitas Padjajaran Irawati Hermawan mengatakan Jafest 2021 sendiri digelar dengan menggunakan sarana digital maupun sarana luring.

Sepanjang lima hari penyelenggaraannya, menurutnya akan digelar digital expo ekonomi kretif dan UMKM. “Ada sekitar 500 UMKM yang terlibat,”jelasnya.

Menteri Koperasi dan UKM berpendapat bahwa strategi yang ampuh untuk memulihkan kembali ekonomi yakni dengan menggerakkan sektor pariwisata termasuk ekonomi kreatif di dalamnya.

“Banyak pengalaman,contohnya banyak Negara Eropa yang krisis itu dipulihkan dengan pariwisatanya, pariwisata itu cepat mendatangkan fresh money,”kata Teten.

Usai memberikan sambutan, Teten bersama tiga orang perwakilan undangan melakukan permainan tradisional ‘Perepet Jengkol’. Dengan diiringi lagu, Teten menari-nari, berputar melakukan gerakan permainan tradisional itu.

Diharapkan melalui acara ini dapat mendorong perekonomian nasional, khususnya dalam pemulihan perekonomian pelaku UMKM.

“Kita mendorong pemulihan ekonomi nasional termasuk mendorong transformasi UMKM go dital, sekarang sudah 12 juta yang terhubung ke plat from nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Jabar Atalia Kamil mengatakan, kegiatan ini digelar di lima kabupaten kota di Jabar di antaranya, Kota Bandung, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Garut yang digelar dari Tanggal Maret hingga 21 April 2021.

Kegiatan ini juga dibuka Gubernur Jabar Ridwan Kamil secara daring dan mendapatkan arahan dari Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Views: 33