April 14, 2024

Pesona Wisata Waduk Seloromo

Pati, radarmurianews.com – Anda yang menyukai dunia fotografi dan sedang ingin membidik landskap alam alami, maka Waduk Seloromo adalah tempat yang tepat. Pasalnya tempat ini belakangan populer di kalangan fotografi karena memiliki pesona alam yang indah.

Lokasi ini juga banyak digunakan sebagai tempat melaksanakan foto pra-pernikahan karena pemandangan alamnya yang mendukung. Waduk ini masih belum banyak yang mengunjungi, Anda bisa melakukan aktivitas fotografi, bermain air, hingga bersantai tanpa khawatir adanya gangguan.

Wisata Waduk Seloromo di Gembong Pati Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di waduk ini terdapat di Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Waduk Seloromo di Gembong Pati Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita. Untuk mengetahui lokasi Wisata Waduk Seloromo, anda bisa temukan di Google maps.

Wisata Waduk Seloromo banyak digunakan seperti menampung debet air yang digunakan untuk pengairan sawah serta flora di sekitarnya. Selain itu juga di gunakan untuk berkemah. Kemah merupakan bagian atas kegiatan yang acapkali diselenggarakan dalam obyek wisata ini. Wisata Waduk Seloromo juga dijadikan ajang  berkemah murid SD, SMP, SMA sampai mahasiswa.

Cerita dan asal-usul serta sejarah Waduk Seloromo Gembon, dari keinginan Pemerintah Kolonial zaman Belanda yang ingin membangun bendungan air yang berfungsi sebagai pengairan. Kemudian, bangsa Belanda pada waktu itu menduduki Nusantara, bumi Pati membuat waduk tahun sekitar 1930. Banyak yang tidak percaya bahwa Belanda yang membangun waduk dari nol.

Asal-usul nama Seloromo berasal kata “selo” yang artinya batu atau beberapa literasi berkata tempat duduk , “romo” yang berarti orang tua laki-laki ( bapak ). Menurut cerita berasal dari sumber yang telah dihimpun, pada waktu penjajahan zaman Jepang, waduk ini dibuat dengan sistem kerja rodi atau paksa di mana banyak korban gugur berjatuhan.

Visits: 197