Juni 22, 2024

Gara-gara Satu Kios Terbakar, Ratusan Pedagang Pasar Kliwon Kudus Panik Keluarkan Barang Dagangannya

Pasar Kliwon Terbakar

Pasar Kliwon Terbakar

Asap menyembul dari salah satu kios di Blok A Pasar Kliwon Kudus pada Selasa (16/2/2021) sore, menimbulkan kepanikan para pedagang. Selain ada yang berupaya memadamkan, ternyata pedagang lain panik dan membabi buta mengeluarkan semua barang dagangannya untuk menghindari kebakaran.

KUDUS, Radarmurianews.com – Asap menyembul dari salah satu kios di Blok A Pasar Kliwon Kudus pada Selasa (16/2/2021) sore, menimbulkan kepanikan para pedagang. Selain ada yang berupaya memadamkan, ternyata pedagang lain panik dan membabi buta mengeluarkan semua barang dagangannya untuk menghindari kebakaran.

Bisa dilihat di sepanjang tempat parkir Pasar Kliwon penuh dengan lautan manusia dan barang dagangan. Ada yang dilempar dari lantai II demi menyelamatkan barang dagangannya.

“Saya memang sempat panik sehingga beberapa barang dagangan terpaksa saya ungsikan. Namun setelah berfikir akhirnya tidak semuanya karena dimungkinkan kebakarannya tidak akan merembet karena sudah ditangani tim pemadam,” kata salah seorang pedagang sandal di Pasar Kliwon Suyono.

Meskipun ada yang masih bisa menganalisa dengan benar, namun mayoritas pedagang menghadapi kebakaran satu kios panik bukan main sehingga ada yang sampai mendatangkan truk dum hanya untuk mengangkut barang dagangannya.

Paguyuban pasar juga ada yang mengingatkan agar tidak mengeluarkan barang dagangannya karena dipastikan bisa diatasi.

Tim pemadam kebakaran yang datang ke lokasi juga tidak satu, melainkan ada enam unit kendaraan. Dari jumlah itu, ada yang bolak balik mengambil air untuk disuplai kepada mobil penyemprot.

Untuk bisa memadamkan api, mereka juga harus berjuang menghadapi lautan manusia yang hanya menonton dan tidak peduli dengan upaya pemadaman tersebut. Beruntung ada Polisi dan petugas kecamatan kota yang berupaya membubarkan warga yang berkerumun di dekat tim pemadam karena mengganggu.

Patut diacungi jempol, para pedagang dan warga serta relawan yang turut membantu pemadaman sehingga kerja tim pemadam menjadi lebih ringan.

Plt Bupati Kudus HM. Hartopo juga hadir untuk memberikan suport dukungan kepada tim pemadam untuk memadamkan kios yang terbakar sejak pukul 16.30 WIB.

Hasilnya, setelah berjuang tim pemadam bisa memadamkan api sekitar pukul 19.20 WIB.

“Semua barang yang ada di dalam kios sudah saya perintahkan untuk dikeluarkan agar tidak ada bara api yang bisa menimbulkan kebakaran,” ujar Plt Bupati Kudus HM Hartopo.

Ia mengingatkan pedagang yang hendak memasang kabel instalasi listrik mengundang teknisi yang memang ahli. Ingat kabel yang dipakai juga harus standar agar tidak mudah menimbulkan konsleting listrik seperti yang terjadi saat ini.

Views: 39