Juli 26, 2024

Pasar Kliwon Kini Dilengkapi Musala Yang Cukup Bersih dan Megah

Penandantangan prasasti musala Pasar Kliwon

Penandatanganan Pasar Kliwon Kudus.

KUDUS, Radarmurianews.com – Musala di pusat keramaian memang penting, terutama bagi umat muslim yang hendak melaksanan ibadah salat lima waktu. Pasar Kliwon awalnya memang tersedia musala, namun belum sebagus sekarang setelah para pedagang secara swadaya mengumpulkan dana pembangunan.

Setelah terkumpul dana Rp70 juta, akhirnya Musala yang awalnya ala kadarnya kini disulap menjadi Musala yang tampil megah dan bersih. Lokasinya juga representatif di Blok D2 Pasar Kliwon yang diharapkan mendatangkan berkah bagi pedagang.

“Mudah-mudahan, ketika semuanya menunaikan ibadah salat lima waktu, bisa mendatangkan keberkahan bagi pedagang,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus Hartopo di sela-sela meresmikan Musala Darul Rizqi, Selasa (26/1/2021).

Memperhatikan protokol kesehatan (prokes), prosesi kegiatan dilaksanakan secara sederhana dengan melibatkan Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, pengurus musala dan perwakilan pedagang.

Hartopo menyampaikan apresiasi kepada para donatur yang telah menyisihkan sebagian rezeki untuk pembangunan musala. Dirinya mengungkapkan, dana sebesar 70 juta rupiah dari para donatur telah menghasilkan musala yang sangat representatif. Maka dari itu, Hartopo berpesan agar keberadaan musala selalu dimakmurkan, sehingga mendatangkan berkah bagi pedagang.

“Atas nama Pemkab Kudus mengapresiasi panitia, donatur dan semua pedagang pasar kliwon yang telah mendukung pembangunan musala dengan total biaya 70 juta. Musalanya sangat bagus, semoga menjadi motivasi bagi semua pedagang agar dimudahkan dan dilancarkan rezekinya,” tuturnya.

Mengingat masa pandemi masih berlangsung, Plt. Bupati mengimbau kepada pengurus musala untuk menerapkan prokes 3M dalam aktivitas ibadah. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya klaster Covid-19 di pasar.

“Karena masih di masa pandemi, supaya diatur (saf salat) dengan protokol kesehatan ketika berjamaah. Terlebih lagi Kudus sedang perpanjangan PPKM karena tren Covid masih meningkat. Prokes diperketat, supaya kita semua tetap sehat sehingga tidak terjadi klaster di pasar dan perekonomian pulih,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Musala, Siswanto, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Plt. Bupati Kudus dalam acara peresmian. Dirinya mengungkapkan rasa syukur atas berdirinya musala dari partisipasi para donatur dan pedagang pasar.

“Terima kasih banyak atas partisipasi dari para donatur dan pedagang, serta yang telah mengikhlaskan tempatnya sebagai tempat ibadah. Semoga menjadi sumber pahala yang terus mengalir,” katanya.

Pembangunan musala tersebut, juga tidak terlepas dari dukungan para pedagang di Pasar Kliwon yang ikut berdonasi. Mudah-mudahan bermanfaat, selain bagi pedagang juga untuk pengunjung pasar.

Views: 29