Juli 27, 2024

New Normal, Peminat Pelatihan BLK Kudus Meningkat

RADARMURIANEWS.COM- Sepinya kegiatan rekrutmen tenaga kerja di perusahaan di masa pandemi Covid-19, membuat sebagian warga memilih menempa keahlian di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kudus.

Masa normal baru membuat peminat di UPT BLK Kudus membeludak.

Anggun Nugroh Kepala UPT BLK Kudus, membenarkan peminat pelatihan di BLK mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terlebih di masa new normal ini jumlahnya kian membeludak.

Lebih lanjut, untuk peserta pelatihan tahun ini latar belakang peserta didominasi para lulusan baru. Pelatihan di BLK Kudus dipilih mereka sebagai wadah pembekalan kompetensi, sebelum mereka memasuki dunia kerja maupun dunia usaha.

“Kebetulan masa new normal berdekatan dengan momen kelulusan sekolah. Makanya jumlah peserta dari lulusan sekolah tahun ini membeludak,” ujar dia saat ditemui Tagar di Aula UPT BLK Kudus, Selasa, 4 Agustus 2020.

Selain lulusan baru, pelatihan di BLK Kudus juga diramaikan para ibu rumah tangga hingga para penggiat usaha. Sama seperti para lulusan baru, BLK dijadikan mereka sebagai wadah untuk mengasah keahlian.

“Hari ini kami membuka tahap terakhir pelatihan dari dana APBD. Ada dua kejuruan, yakni handcraft dan tata boga. Keduanya dijalankan secara tatap muka dengan jumlah peserta masing-masing 16 orang,” terangnya.

Tahun ini, Anggun menyebut pihaknya menggelar 15 pelatihan dengan sumber dana dari APBD Kudus. Sementara untuk pelatihan yang bersumber dana APBN ada 16.

Menurut Anggun, pelatihan dengan sistem tatap muka telah dijalankan pihaknya sejak beberapa bulan lalu. Setelah Plt Bupati Kudus, HM Hartopo memperbolehkan adanya pelatihan secara tatap muka.

“Protokol kesehatan kami jalankan secara ketat. Seperti cuci tangan, pakai masker dan face shiled hingga physical distancing. Waktu pelatihan yang biasanya 6 jam perhari juga kami pangkas jadi 5 jam perhari,” ungkapnya.

UV

Views: 160