September 16, 2024

Dinkes Kudus Kampanye kan Makan Bergizi Bagi Pelajar di MAN 1 Kudus

Kudus, radarmurianews.com – Bertepatan dengan peringatan Hari Remaja Internasional yang jatuh setiap tanggal 12 Agustus, Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus bekerja sama dengan MAN 1 Kudus berhasil menyelenggarakan kegiatan “Aksi Bergizi Serentak” Kabupaten Kudus dengan sukses. Acara yang diadakan di lapangan MAN 1 Kudus ini berlangsung pada tanggal 12 Agustus 2024, mulai pukul 07.00 hingga 09.00 WIB.

Kegiatan ini diawali dengan apel pembukaan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Andini Aridewi, yang diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan pegawai MAN 1 Kudus. Dalam apel tersebut, beliau menyampaikan pentingnya edukasi kesehatan bagi remaja sebagai genarasi penerus bangsa. Remaja yang berkualitas perlu membudayakan gaya hidup yang sehat, dengan olahraga teratur, makan makanan bergizi, aktif mengikuti kegiatan edukasi Kesehatan bagi remaja, dan minum tablet tambah darah bagi remaja putri.

Setelah apel, kegiatan dilanjutkan dengan senam bersama yang diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta. Setelah senam, para peserta melanjutkan dengan kegiatan makan sehat bersama, di mana para siswa diberi makanan bergizi yang telah disiapkan oleh panitia. Kegiatan edukasi kesehatan dan gizi juga turut mewarnai acara ini melalui sebuah talkshow yang dihadiri oleh para ahli kesehatan. Sebagai penutup, dilakukan pembagian tablet tambah darah bagi remaja putri untuk meningkatkan kesehatan dan pencegahan anemia.

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai pejabat penting di Kabupaten Kudus, di antaranya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Andini Aridewi beserta jajarannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus, Suhadi beserta jajarannya, Kepala MAN 1 Kudus, Taufik, para Kepala Sekolah SMP dan SMA se-Kabupaten Kudus, Direktur Keuangan Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus, Lusiana Kariyanto, serta perwakilan dari PMI Kabupaten Kudus.

Kepala KanKemenag Kab. Kudus, Suhadi, dalam talkshow menyampaikan pandangannya terkait urgensi menjalani pola hidup sehat bagi remaja. Beliau mengkaitkan pentingnya Kesehatan dengan perintah mengkonsumsi makanan yang halal lagi baik dalam ajaran Islam yang terdapat dalam ayat suci Al-Qur’an,  “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya”. (QS. Al Maidah: 88). 

Kepala MAN 1 Kudus, Taufik, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada sekolahnya sebagai tuan rumah acara ini. Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi peningkatan kesehatan dan kesejahteraan para siswa di Kabupaten Kudus. Aksi Bergizi Serentak ini diharapkan menjadi langkah awal yang positif dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi dan kesehatan di kalangan pelajar di Kabupaten Kudus. 

Views: 17