Juli 27, 2024

Arti Dirgahayu dan Ucapan HUT RI Yang Benar

Radarmurianews.com – Apa sebenarnya arti kata “Dirgahayu” yang sering menjadi ucapan selamat ulang tahun, termasuk dalam perayaan HUT RI ini?

Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 pada 17 Agustus 2022 mengusung tema besar yaitu Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Tema ini diangkat untuk merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan seluruh masyarakat Indonesia dalam menghadapi tantangan yang ada.

Terdapat banyak bentuk ucapan selamat 17 Agustus atau selamat HUT Kemerdekaan Indonesia. Kata yang paling laris digunakan dalam ucapan selamat adalah HUT dan dirgahayu. Namun sebenarnya, apa arti kata dirgahayu ini? Arti Kata Dirgahayu Kata dirgahayu diserap dari bahasa Sanskerta, yaitu dirgahayuh; dirgahayusa yang berarti ’berumur panjang’. Kata ini sering digunakan untuk menyatakan ungkapan selamat berulang tahun.

Arti kata dirgahayu menurut KBBI adalah berumur panjang (biasanya ditujukan kepada negara atau organisasi yang sedang memperingati hari jadinya). Misalnya “Dirgahayu Republik Indonesia”, yang artinya panjang umur Republik Indonesia. Salah Kaprah Penggunaan Kata Dirgahayu dalam Ucapan Selamat HUT RI Mengacu pada arti kata dirgahayu tersebut, maka penggunaan kata ini dalam kalimat “Dirgahayu Republik Indonesia Ke-72”, berarti keliru dan tidak logis. Ketidaklogisan itu terungkap dari penambahan Ke-72 yang pengertiannya belum jelas,

Penulisan Dirgahayu dalam Ucapan Selamat HUT RI yang Benar Jika kita menggunakan kata ‘dirgahayu’, maka ungkapan yang tepat adalah ”Dirgahayu Republik Indonesia” atau ”Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia”.

Badan Bahasa Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan pun telah memberi informasi terkait penulisan ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia yang benar, yaitu sebagai berikut: Penulisan Selamat HUT RI yang benar

Dirgahayu Republik Indonesia

Dirgahayu RI

Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia

Peringatan Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia

Selamat Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia

HUT Ke-76 RI

Penulisan Selamat HUT RI yang salah

Dirgahayu HUT RI

Dirgahayu RI Ke – 76

Dirgahayu Kemerdekaan Kita Ke – 76 Hari Ulang Tahun Republik Indonesia KE – 76

Ulang Tahun Republik Indonesia KE- 76

Peringatan Ulang Tahun RI Ke – 76

Selamat Hari Ulang Tahun RI Ke – 76 H.U.T.R.I Ke – 76

Views: 17