Juli 17, 2024

Sejarah dan Cara Merayakan Hari Cerebral Palsy Sedunia

Radarmurianews.com – Setiap tanggal 6 Oktober diperingati sebagai Hari Cerbral Palsy sedunia. Tahukah anda tentang Cerbral Palsy? Berikut ini akan kami ceritakan sejarah dan cara merayakan Hari Cerbral Palsy.

Cerebral palsy adalah penyebab paling umum dari cacat motorik di masa kanak-kanak. Penyakit ini mengacu pada sekelompok gangguan yang memengaruhi gerakan dan koordinasi otot. Dalam banyak kasus, penglihatan, pendengaran, dan sensasi juga terpengaruh. Kata “serebral” berarti berhubungan dengan otak. Kata “palsy” berarti kelemahan atau masalah dengan gerakan tubuh.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), gangguan tersebut memengaruhi setidaknya 1,5 hingga 4 dari setiap 1.000 anak di seluruh dunia.

Cerebral palsy adalah disabilitas anak yang paling umum, namun sayangnya di seluruh dunia terdapat kekurangan pengetahuan tentang apa itu dan bagaimana penyebabnya, bahkan di bidang medis.

Sejarah Hari Cerebral Palsy

Sejarah Hari Cerebral Palsy dimulai dengan kampanye kecil yang disebut “Ubah Dunia Saya dalam Satu Menit.” Proyek ini, yang dimulai oleh Cerebral Palsy Alliance di Australia. Hari Cerebral Palsy Sedunia [WCPD] adalah sebuah gerakan sosial dari, oleh, dan untuk komunitas CP. Hari cerebral palsy sedunia mendorong tindakan yang diambil secara lokal untuk membantu mewujudkan gerakan global untuk perubahan.

Bagaimana cara merayakan hari Cerebral Palsy?

Cari alat dan sumber daya di situs web Cerebral Palsy Day untuk menemukan acara lokal di dekat Anda. Anda juga dapat berpartisipasi melalui media sosial dengan membagikan cerita Anda (jika Anda adalah orang yang menyandang CP atau mengenal seseorang yang mengidapnya). Beri tahu semua orang hari ini hari apa menggunakan tagar #worldcerebralpalsyday dan beri tahu teman Anda tentang berbagai cara mereka dapat berpartisipasi. Ini akan meningkatkan kesadaran bahwa masyarakat dan pemerintah perlu menciptakan lingkungan yang ramah pada penyandang cerebral palsy.

Views: 37