Juli 27, 2024

Peringatan Hari Rabies Sedunia, Pemerintah Pati Laksanakan Vaksinasi Rabies Untuk Hewan Peliharaan

Pati, radarmurianews.com – Dalam rangka mensukseskan Hari Rabies Sedunia, (Selasa, 28/9/2021), dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengendalian rabies dilaksanakan kegiatan vaksinasi rabies. Masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan yang rentan terinfeksi virus rabies antara lain Kelelawar, Monyet, Rubah, Anjing dan Kucing dihimbau untuk mengikuti vaksinasi rabies untuk hewan peliharaannya.

Bertempat di UPTD Puskeswan Pati telah dilakukan vaksinasi oleh Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Tengah bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Pati.

Perwakilan PDHI Cabang Jawa Tengah, drh.Prayogo menekankan tentang pentingnya vaksin rabies diberikan kepada hewan peliharaan sebagai pencegahan, karena penyakit rabies bersifat zoonosis yang artinya bisa menular dari hewan ke manusia. Hewan yang rentan terinfeksi virus rabies antara lain Kelelawar, Monyet, Rubah, Anjing dan Kucing. Penularan ke manusia terjadi melalui air liur hewan yang sudah tertular virus rabies.

Sedang Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati, Nikentri Meiningrum, mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan hewan peliharaannya sehingga memberikan perlindungan dari dampak gigitan hewan rabies yang mematikan.

Adapun hewan yang tervaksinasi didominasi oleh hewan kucing sebanyak 79 ekor, sisanya anjing sebanyak satu ekor dan monyet juga satu ekor.

Vaksinasi Rabies ini bertujuan untuk pencegahan dan pengendalian rabies agar tidak sampai menular kepada manusianya.

Views: 21