Juni 16, 2024

Peristiwa-peristiwa Bersejarah Yang Terjadi Pada Tanggal 17 Ramadhan

Radarmurianews.com – Umat Islam di seluruh dunia kini sedang menjalani puasa Ramadhan. Tak terasa bulan Ramadhan 1442 H sudah menginjak 17 hari. Dimana pada tanggal tersebut  telah terjadi peristiwa penting yakni Nuzulul Quran yang diperingati pada 17 Ramadhan.Tahun ini 17 Ramadhan jatuh pada tanggal 29 April 2021.

Nuzulul Quran juga menjadi salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi dalam bulan Ramadhan. Peristiwa yang memperingati turunnya ayat Al Qur’an untuk pertama kali ini menjadi wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW.

Saat peristiwa ini terjadi Nabi Muhammad sedang berada dalam Gua Hira, tepatnya pada 17 Ramadhan SH atau 6 Agustus 610 Masehi. Saat menerima malaikat Jibril menghampirinya dan menurunkan wahyu pertama yaki surat Al-Alaq ayat 1-5: Ayat (1) Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan; (2) Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah; (3) Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah; (4) Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam; (5) Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam

Dalam wahyu pertama tersebut dijelaskan bahwa kala itu malaikat Jibril lah yang mengajarkan nabi untuk membaca dan menulis. Sampai saat ini seperti yang kita ketahui bahwa peristiwa Nuzulul Quran terjadi pada tanggal 17 bulan Ramadhan menurut kalender Hijriyah.

Ketika Nabi Muhammad menerima wahyu dari Malaikat Jibril ia merasakan dua hal berbeda, yang pertama mendengar suara lonceng yang berdengung begitu keras dan ia merasakan mengigil di seluruh tubuhnya.

Umumnya peristiwa Nuzulul Quran diperingati dengan melakukan pengajian, istighotsah, tahlil dan mengkhatamkan Al-Quran.

Selain menjadi peringatan turunnya Al-Quran pertama kali, ada beberapa peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 17 Ramadhan yang harus anda ketahui:

1.       Perang Badar

Perang antara 314 Prajurit Muslim Menang Lawan 1.000 Orang Quraisy. Kemenangan diraih oleh kaum muslim.

2. Wafatnya Menantu Rasulullah Ali bin Abi Thalib

Peristiwa bersejarah yang kedua adalah meninggalnya menantu Rasulullah SAW yang juga pernah menjabat sebagai Khalifah keempat dalam periode Khulafaur Rasyidin. Ali bin Abi Thalib meninggal karena dibunuh oleh Ibnu Muljam yang bekerja sama dengan Al Burak bin Abdillah dan Amru bin Abi Bakr at-Tamimi.

3.       Wafatnya Istri Rasulullah Sayyidah Aisyah

Selanjutnya adalah meninggalnya istri nabi yakni Sayyidah Aisyah, saat meninggal Aisyah berusia 67 tahun karena sakit, beliau meinggal saat selesai mendirikan salat witir. Kepergian Aisyah begitu membekas di hati seluruh Umat Muslim, hal ini terjadi karena beliau merupakan salah satu orang yang paling dekat dan paling mengetahui kehidupan Rasulullah SAW

4.       Kemerdekaan RI

Peristiwa yang terakhir adalah tanggal 17 Ramadhan juga bertepatan dengan kemerdekaan negara tercinta kita, tepatnya pada hari Jumat 17 Agustus 1945 yang juga bertepatan dengan 9 Ramadhan 1364.

Semoga dengan informasi ini kita semakin bisa mengetahui peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi dalam Agama Islam.

Views: 81