Juli 18, 2024

Pemerintah Umumkan Hasil Sidang Isbat, Puasa 1 Ramadhan 1442 H Jatuh pada Selasa Besok

Radarmurianews.com – Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada 13 April 2021. Ketetapan itu diputuskan dalam sidang isbat yang digelar di Kantor Kementrian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021). Sidang digelar secara terbatas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Tamu undangan seperti perwakilan ormas mengikuti sidang secara daring.

Hadir dalam sidang terbatas di Kementerian Agama, perwakilan Duta Besar negara sahabat, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi, Sekjen Kemenag Nizar, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. Sidang juga diikuti perwakilan ormas, namun melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan (daring).

“Kami menetapkan awal Ramadhan 1442 Hijriah jatuh hari Selasa, 13 April 2021,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers usai sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021).

Keputusan ini diambil setelah peserta sidang telah mendengarkan kesaksian 13 orang yang telah menyaksikan adanya hilal.

“Alhamdulillah semua sepakat, tidak ada dissenting opinion,” tambah dia.

Penetapan awal Ramadhan ini merujuk pada pemantauan hilal atau bulan sabit awal di 88 titik wilayah di Indonesia. Dalam sidang yang dimulai pukul 17.00 WIB, petugas Kemenag di berbagai wilayah melaporkan sudah melihat hilal.

Untuk menentukan 1 Ramadhan, ketinggian hilal minimal 2°, dengan umur hilal minimal 8 jam.

Views: 22