Juli 27, 2024

Puluhan Warga Binaan Rutan Kudus Yang Positif COVID-19 Dalam Kondisi Sehat

Puluhan Warga Binaan Rutan Kudus Yang Positif COVID-19 Dalam Kondisi Sehat

Puluhan Warga Binaan Rutan Kudus Yang Positif COVID-19 Dalam Kondisi Sehat

KUDUS, Radarmurianews.com - Puluhan warga binaan Rumah Tahanan Negara Kudus, Jawa Tengah, yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 kondisinya cukup sehat atau orang tanpa gejala (OTG). Pihak Rutan juga sudah mengisolasi mereka agar tidak menular.

KUDUS, Radarmurianews.com – Puluhan warga binaan Rumah Tahanan Negara Kudus, Jawa Tengah, yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 kondisinya cukup sehat atau orang tanpa gejala (OTG). Pihak Rutan juga sudah mengisolasi mereka agar tidak menular.

Lingkungan Rutan Kudus juga dilakukan penyemprotan disinfektan untuk membunuh kuman maupun virus yang bisa mengakibatkan tertularnya penyakit COVID-19.

Kepala Rutan Kelas II B Kudus Suprihadi memang membenarkan adanya warga binaan yang terkonfirmasi positif COVID-19, namun kondisinya sehat dan tidak bergejala.

Kabar tersebut, diperoleh setelah dilakukan tracing kontak dengan melakukan swab terhadpa 46 pegawai dan 146 warga binaan. Hasilnya semua pegawai negatif dan terdapat 25 warga binaan yang terkonfirmasi positif.

Selain diisolasi di ruang khusus, warga binaan juga diberi vitamin dan minuman tradisional untuk menambah daya imun serta rutin diajak berolahraga setiap pagi.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Kudus Andini Aridewi mengungkapkan warga binaan yang terpapar mayoritas ada yang dari luar daerah sebanyak 10 orang, sedangkan selebihnya dari dalam daerah.

Ia mengingatkan untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan, mulai dari cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Sedangkan rapid test antigen yang sudah dilaksanakan tidak bisa jadi jaminan tidak tertular karena mendeteksi yang lebih akurat swab test.

Views: 12