Juli 27, 2024

Aneh! Pohon Pisang di Kudus Tumbuh di Batang

Kudus, radarmurianews.com – Pohon pisang aneh tumbuh di pekarangan belakang rumah warga Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, Kudus, Jawa Tengah. Pohon pisang ini berbuah di batang pohonnya.

Pantauan di lokasi, pohon pisang itu tumbuh di pekarangan milik Hasan Fauzi warga Desa Tenggeles, Rabu (17/2). Biasanya buah pisang tumbuh dari bagian atas pohon, kali ini buahnya justru tumbuh dari tengah batang.

Pohon pisang ini memiliki tinggi sekitar tiga meter. Keunikan buah pisang ini pun bikin kaget warga sekitarnya.

Pemilik pekarangan pohon pisang Hasan Fauzi mengaku tidak menyadari jika pohon pisang yang tumbuh di pekarangan miliknya tersebut cukup unik. Dia mengaku baru mengetahui tadi pagi.

“Tadi pagi kan ambil kayu, kan saya melihat ke barat. Kok ada yang aneh kayak gini (buah pisang tumbuh di batangnya). Ya kemungkinan berusia 5 bulan. Tidak kayak sewajarnya pohon pisang yang lain,” kata Fauzi ditemui wartawan di lokasi, Rabu (17/2/2021).

Fauzi mengatakan pohon pisang itu berbuah sekitar tiga minggu lalu. Menurutnya buah pisang yang tumbuh dari tengah batang baru terjadi di kebun miliknya.

“Ini kemungkinan baru tiga minggu berbuahnya. Belum pernah ada yang unik seperti ini. Kalau jenis ini pohon pisang susu,” terangnya.

Fauzi mengatakan kebunnya memang ditanami tanaman pisang. Namun keunikan ini baru dia temukan kali ini.

“Semua tanami pisang susu. Kok tidak nyangka ada yang unik, yang lain tumbuhnya normal. Kemungkinan tujuh bulan sudah ada dua buah. Beda ini tidak wajar. Tidak pernah (berbuah di batang) ini memang alam,” ujar Fauzi.

Pisang yang berbuah di batang itu pun memantik warga sekitar datang menengok pohon tersebut. Salah satunya, Sipan yang mengaku penasaran dengan pisang yang berbuah dari tengah batang tersebut.

“Pisang ternyata bisa berbuah di tengah batang, terus ke sini. Ya unik, baru kali ini. Biasanya kan dipotong itu tumbuh buah di ujung pohon, tapi ini unik dan nyata. Saya baru melihatnya,” kata Sipan ditemui di lokasi siang tadi.

Terpisah, Kabid Tanaman Pangan dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Dewi Masitoh, menyebut pisang yang berbuah di batang memang jarang terjadi. Namun terkait fenomena ini menurutnya perlu observasi lebih lanjut.

“Perlu observasi tim teknis lebih lanjut terkait dengan penemuan tersebut,” terang Dewi saat dimintai konfirmasi lewat pesan singkat siang ini.

Views: 42