Juli 27, 2024

HINDARI BAHAYA NARKOBA DENGAN MENGENAL CIRI-CIRI DAN DAMPAK BURUKNYA

KUDUS, Radarmurianews.com – Bertempat di rumah makan Ulam Sari Kudus, Senin 14 November 2020, Puluhan pemuda mengikuti penyuluhan narkoba yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah raga kabupaten Kudus.

Kabid Kepemudaan pada Disdikpora Kudus Sunyoto mengatakan, “penyuluhan tentang bahaya narkoba ini ditujukan buat generasi muda yang ada di Kudus, yang pada kesempatan ini diikuti oleh 50 peserta, terdiri dari unsur pemuda maupun mahasiswa”.

“Karena pemuda itu merupakan aset untuk masa depan bangsa maka mereka harus tahu tentang ciri-ciri hingga bahaya penggunaan narkoba. Ini langkah kami untuk para pemuda dengan harapan agar mampu mensosialisasikan kepada generasi muda lainnya, agar mereka terhindar  dari bahaya narkoba,” ujarnya.

Lebih lanjut Sunyoto menyampaikan bahwa diera milenial ini yang tanpa batas dalam berinteraksi secara global, pemuda di Kudus harus bisa lebih sadar untuk tidak mendekat kepada narkoba. Sebab bahaya narkoba bisa menghancurkan masa depannya.

“Penyuluhan ini sangat penting untuk mempertahankan kualitas dari pemuda itu sendiri. Di sini kami menghadirkan beberapa ahli mulai dari tokoh agama, praktisi pemuda, kepolisian hingga aktivis dari kelembagaan,” ucapnya.

Sementara Kasi Pembangunan Sumber Daya Pemuda Disdikpora Kudus Agus Subandi, menjelaskan sekilas mengenai ciri-ciri seseorang yang sudah terkena candu narkoba.

Peserta kegiatan penyuluhan narkoba bagi generasi muda tingkat kabupaten Kudus tahun 2020

“Jika dilihat dari wajah nampak kurang segar, mata terlihat sayu, hingga terlihat lebih tua dari usianya. Dari sifat juga bisa diketahui bahwa orang tersebut (pemakai narkoba) dari psikis cenderung terlihat takut jika melihat orang dan sering menyendiri,” ungkapnya.

Menurutnya, para generasi muda wajib mengetahui dan diberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba. Agar generasi muda bisa mengantisipasi jika ada ajakan-ajakan untuk menggunakan narkoba.(rum)

Views: 30