Juli 17, 2024

Quique Setien Resmi Dipecat, Ronald Koeman Kandidat Kuat Pelatih Anyar Barcelona

RADARMURIANEWS.COM- Barcelona resmi memecat Quique Setien dari jabatannya sebagai pelatih pada Senin (17/8/2020) waktu setempat. Ronald Koeman disebut-sebut akan menggantikan peran Setien di Barca.

“Dewan Direksi telah sepakat bahwa Quique Setien tidak lagi menjadi pelatih tim utama,” bunyi perrnyataan resmi Barcelona.

Pelatih asal Spanyol itu mulai menangani Barcelona pada 13 Januari 2020. Dia menggantikan peran Ernesto Valverde yang dipecat El Barca pada hari yang sama.

Di bawah asuhan Setien, performa Barcelona tak terlalu buruk. Dari 25 pertandingan di seluruh ajang, Blaugrana asuhan Quique Setien meraih 16 kemenangan, empat hasil imbang, dan kalah dalam lima laga.

Meski begitu, lima kekalahan tersebut terjadi pada laga-laga krusial, baik itu di La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions. Pada ajang La Liga, Barcelona harus merelakan trofi juara diraih sang rival abadi, Real Madrid.

Sementara itu di Copa del Rey, Barca harus kandas pada perempat final, setelah menyerah 0-1 dari Athletic Bilbao. Rentetan hasil minor itu semakin lengkap, setelah Blaugrana takluk 2-8 dari Bayern Munchen pada perempat final Liga Champions.

Situasi tersebut membuat Barcelona gagal merengkuh satu pun trofi juara pada musim ini. Alhasil, Barca memutuskan untuk memecat Quique Setien dari jabatannya sebagai pelatih.

“Ini adalah keputusan pertama dari restrukturisasi yang lebih luas di tim utama, nantinya akan disepakati antara sekretaris teknik saat ini dan pelatih baru, yang akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang,” lanjut pernyataan Barcelona.

Dengan dipecatnya Setien, sejumlah nama muncul kepermukaan untuk duduk di kursi pelatih Barcelona. Beberapa di antaranya adalah Mauricio Pochettino, Xavi Hernandez, dan Ronald Koeman.

Namun dari ketiga nama tersebut, Koeman berada di posisi terdepan untuk menangani Lionel Messi dkk. Pria berusia 57 tahun tersebut dikabarkan Marca telah tiba di Barcelona sejak Minggu (16/8/2020) waktu setempat.

Demi bisa menangani Los Cules, Ronald Koeman akan menanggalkan jabatannya sebagai pelatih Timnas Belanda.

“Ronald Koeman telah dipilih sebagai manajer baru Barcelona. Dia akan meninggalkan Timnas Belanda untuk bergabung dengan Barca, pernyataan resmi akan diumumkan minggu ini,” tulis jurnalis Sky Sports dan The Guardian, Fabrizio Romano.

UV

Views: 18