September 24, 2023

Angin Puting Beliung Terjang Wilayah Jakenan Pati

Pati , radarmurianews.com – Sekitar pukul 3 sore , Minggu, 20 Maret 2022 terjadi angin puting beliung di Dukuh Sleko Desa Dukuhmulyo Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Akibat angina puting beliung itu banyak rumah dan ruko warga setempat mengalami kerusakan parah.

Dari informasi yang dihimpun, kurang lebih 12 bangunan Ruko mengalami kerusakan pada atap dan kerusakan isi toko. Selain bangunan ruko, angin juga merusak setidaknya lima rumah warga, dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Terlihat tiang listrik di depan ruko pun ambruk sehingga menyebabkan jaringan listrik padam Sedangkan arus lalu lintas jalan raya Jakenan-Juwana tersendat.

Menurut penuturan warga sekitar, saat itu, cuaca mendung disertai hujan, tiba-tiba datang angin puting beliung kurang lebih 10 menit dari arah barat ke timur yang mengakibatkan beberapa atap ruko dan rumah warga mengalami kerusakan.

Relawan Kembang Joyo, Rian Wahyu mengatakan sedang mendata jumlah rumah warga dan ruko yang terdampak angin puting beliung. Diperkirakan ada puluhan rumah dan ruko yang terkena angin puting beliung.

Dia mengatakan, hingga sore ini total ada 12 bangunan ruko dan beberapa rumah warga yang terkena angin puting beliung. Kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta.

“Kerugian material 12 bangunan ruko mengalami kerusakan pada atap adan isi toko, untuk kerugian diperkirakan Rp 60 juta,” terang Rian ditemui di lokasi sore ini.

“Serta ada 5 rumah warga yang rusak parah. Total kerugian diperkirakan mencapai Rp 25 juta,” sambung Rian.

Hits: 38