Oktober 18, 2024

Kriteri Calon Wakil Bupati Kudus, Bisa Diajak Kerja Untuk Membenahi Kudus Akibat Pandemi

KUDUS, radarmurianews.com – HM.Hartopo resmi dilantik menjadi Bupati Kudus secara defnitif pada Jum’at (9/4/2021) yang lalu. Lalu siapa yang akan menduduki kursi wakil Bupati kudus selanjutnya?

Bupati Kudus, Hartopo, berharap siapa pun calonnya dari partai politik pengusung, dia hanya merekomendasikan. “Hal terpenting bisa diajak kerja karena selama masa pandemi memang berdampak pada berbagai bidang kehidupan di masyarakat,” ujarnya kepada media, Kamis (22/4/2021).

“Untuk memilih figur calon wakil bupati ada mekanisme yang cukup panjang, mulai dari usulan parpol pengusung dirinya saat mencalonkan diri di Pilkada Kudus hingga nantinya diputuskan di rapat paripurna DPRD Kudus,” jelasnya lebh lanjut.

Dirinya juga tidak bisa memilih figur calon wakil bupati karena berdasarkan usulan dari parpol pengusung.

Partai pengusung yakni PKB mencalonkan 10 nama yang dinilai siap, kemudian ditindaklanjuti dengan uji kelayakan dan kepatutan terhadap nama-nama calon yang memang benar-benar berminat menjadi calon wakil bupati Kudus hingga terpilih 1 nama. Selanjutnya, setelah terpilih dua nama yang siap dikomunikasikan dengan dua partai politik lainnya, yakni PPP dan Partai Hanura. Jika sudah sepakat, selanjutnya dikomunikasikan dengan bupati.

Jika setuju, kemudian akan turun surat rekomendasi yang selanjutnya ditandatangani oleh PKB, Partai Hanura dan PPP. Tahapan berikutnya, akan disampaikan kepada DPRD Kudus untuk dilakukan seleksi administrasi, kemudian rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan anggota dewan.

Views: 26