Juli 17, 2024

Cara Kita Bisa Minum 8 Gelas Saat Puasa, Agar Tubuh Tidak Mengalami Dehidrasi

Radarmurianews.com – Kita dianjurkan untuk minum sebanyak minimal 8 gelas per hari, untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Namun saat puasa, kebutuhan minum harus bisa dipenuhi saat waktu sahur dan berbuka, untuk menghindari dehidrasi. Sebab, kekurangan cairan saat puasa dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, bahkan mungkin tidak kuat untuk melanjutkan puasa. Lantas, bagaimana cara menerapkan kebiasaan minum 8 gelas air putih saat puasa, dalam waktu yang cukup terbatas itu?

Oleh karena itu, pastikan minum 8 gelas saat puasa selama di antara waktu berbuka dan sahur, atau bisa lebih dari jumlah ini jika merasa membutuhkannya lebih banyak. Bagaimana caranya?

Minumlah 1 gelas air putih saat bangun tidur. 1 gelas setelah sahur, 1 gelas saat adzan maghrib, 1 gelas setelah salat maghrib, 1 gelas setelah makan, 1 gelas setelah salat Isya, 1 gelas setelah tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur.

Cairan yang dikonsumsi pun tidak semata air putih. Bisa dari jus, sirup, atau minuman lainnya. Namun, air putih adalah pilihan yang terbaik. Sebaiknya juga, kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda. Minuman berkafein ini memiliki efek diuretik yang membuat tubuh bisa lebih banyak kehilangan cairan.

Tidak dapat memenuhi kebutuhan cairan saat puasa dapat mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi. Minum kurang dari 8 gelas air per hari, diperburuk dengan kondisi cuaca yang sedang panas-panasnya, dan banyak melakukan aktivitas berat, dapat meningkatkan risiko dehidrasi saat puasa.

Dehidrasi dapat terjadi jika air yang dikonsumsi lebih sedikit daripada air yang digunakan tubuh, sehingga tubuh tidak memiliki cukup cairan untuk menjalankan fungsi normalnya. Namun, umumnya dehidrasi jarang terjadi saat puasa jika cukup mengonsumsi cairan saat berbuka dan sahur.

Lalu, bagaimana mengetahui bahwa kita mengalami dehidrasi saat puasa? Berikut tanda-tandanya: Lebih jarang buang air kecil, Warna urine lebih gelap, Keringat yang dihasilkan tubuh sedikit, Pusing, Kebingungan, Merasa ingin pingsan, dan Palpitasi, merasa jantung berdebar lebih cepat.

Demikian waktu-waktu untuk minum air putih agar tubuh kita tidak dehidrasi/kekurangan cairan selama menjalani ibadah puasa. Selamat berpuasa.

Views: 14