Juli 27, 2024

Benarkah, Minyak Kayu Putih Yang Dioleskan Pada Masker Dapat Menangkal Virus?

Radarmurianews.com – Di balik aromanya yang menyegarkan, terdapat banyak manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan. Minyak yang sering kali dijadikan penghangat tubuh.

Minyak kayu putih merupakan hasil dari pengumpulan uap ranting dan daun segar pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra). Dalam minyak kayu putih terkandung bahan kimia bernama cineole, linalool, dan terpineol, yang memberikan sensasi hangat ketika dioleskan pada kulit.

Berbagai Macam Manfaat Minyak Kayu Putih

Selain bisa menghangatkan tubuh, masih banyak manfaat minyak kayu putih yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Meredakan sakit kepala dan hidung tersumbat

Minyak kayu putih murni bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi sakit kepala dan hidung tersumbat. Untuk mendapatkan manfaat ini, gunakan minyak kayu putih sebagai aromaterapi dengan menuangkannya beberapa tetes ke diffuser atau menghirup aromanya langsung.

2. Mengobati luka kecil

Minyak kayu putih memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antijamur yang cukup baik. Jadi, minyak ini diduga bermanfaat untuk melindungi luka yang kecil dan tidak dalam dari infeksi sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

3. Meningkatkan konsentrasi

Sebuah penelitian menemukan bahwa cineole dan linalool yang terdapat pada minyak kayu putih dapat meningkatkan konsentrasi dan ingatan selama bekerja. Meski begitu, manfaat ini perlu dikaji lebih lanjut, karena belum ada percobaan yang langsung menggunakan minyak kayu putih.

4. Membantu mencegah infeksi virus Corona

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam minyak kayu putih, terutama terpineol dan linalool, memiliki potensi untuk mencegah virus Corona masuk ke dalam tubuh manusia. Meski begitu, belum ada penelitian pada manusia yang dapat mengonfirmasi manfaat ini.

Namun, untuk COVID-19, efektivitasnya masih perlu untuk diteliti lebih lanjut.

Beragam cara coba dilakukan untuk mencegah munculnya masalah lebih lanjut pada kasus COVID-19. Beberapa orang mencoba secara kreatif untuk mengoleskan minyak kayu putih pada masker yang mereka gunakan.

Faktanya, mengoleskan minyak kayu putih atau minyak esensial dengan aroma tertentu pada masker tidak memberi dampak apa-apa karena belum ada data ilmiah yang menyebut bahwa minyak kayu putih bisa membunuh virus corona baru.

Residen Kedokteran Olahraga Freddy Ferdian, menyatakan minyak esensial seperti kayu putih atau peppermint berfungsi sebagai aromaterapi untuk menyegarkan dan meningkatkan konsentrasi, namun bukan untuk mencegah ataupun mengobati COVID-19.

“Penggunaan minyak ini juga bersifat individual karena beberapa orang yang sensitif atau alergi terhadap minyak tertentu dapat mengalami pusing, nyeri kepala, sesak, dan gatal saat menghirupnya,” jelas Freddy.

Sementara itu, menurut Dokter Muliadi Limanjaya, Penggunaan minyak-minyak tertentu pada masker, selain dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan akibat aroma yang terlalu intens, juga dapat menutup pori atau lubang filtrasi pada masker, sehingga tidak disarankan.

“Penggunaan minyak-minyak tertentu pada masker, selain dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan akibat aroma yang terlalu intens, juga dapat menutup pori atau lubang filtrasi pada masker, sehingga tidak disarankan,” tandasnya. 

Views: 23