Juli 27, 2024

Sukun Group Sukseskan Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Kudus

Sukun Group Sukseskan Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Kudus

Sukun Group Sukseskan Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Kudus

KUDUS, Radarmurianews.com - Sukun Grup menjadi salah satu perusahaan di Kabupaten Kudus yang turut menyelenggarakan vaksinasi bagi sasaran target lansia, pelayanan publik, maupun masyarakat umum. Jika ditotal, sasaran target vaksinasi di tiga kategori tersebut berada di angka sekitar 13.800 orang. Prosesnya pun telah berjalan sejak bulan April lalu. Di mana saat itu, target awalnya adalah kaum lansia.

KUDUS, Radarmurianews.com – Percepatan vaksinasi COVID-19 ternyata mendapatkan sambutan dari kalangan swasta, salah satunya Sukun Grup menjadi salah satu perusahaan di Kabupaten Kudus yang turut menyelenggarakan vaksinasi dengan sasaran masyarakat umum.

Tercatat sejak bulan April 2021 hingga sekarang targetnya mencapai 13.800 orang. Vaksinnya sendiri berjenis sinovac dan langsung didrop dari Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus pada klinik kesehatan mereka, yakni Klinik Pratama Sukun Grup (KPSG).

“Kami saat itu cukup kesulitan mengumpulkan sekitar 1.500 lansia yang mau divaksin, kami sampai harus merogoh kocek untuk membujuk mereka, sebagai pancingan dan akhirnya mau,” ungkap Kepala Klinik KPSG Sunaryo Gana usai peninjauan vaksinasi oleh Kapolri dan Panglima TNI, Kamis (17/6/2021).

Setiap lansia mendapatkan ongkos transport untuk datang vaksin sebesar Rp50 ribu. Sementara untuk yang mengumpulkan, diberi biaya jasa sebesar Rp10 ribu.

“Itu saja tidak mudah, harus dipaksa dahulu, hingga akhirnya, banyak dari lansia yang telah divaksin merasakan jika badannya tidak bermasalah usai divaksin, sehingga vaksinasi kemudian berjalan ke pelayanan public dan saat ini ke masyarakat umum,” kata dia.

Untuk hari ini sendiri, lanjut dia, target vaksinasi bagi masyarakat umum yang dilakukan KPSG berada di angka 1.300 orang. Namun jika melihat animo masyarakat, hal tersebut sangat bisa tercapai.

“Asal masyarakat mau aktif dan mau mendukung serta tidak termakan berita hoax saya yakin bisa tercapai target-target vaksinasi itu, ini masyarakat antusias sekali,” ujar dia.
Sunaryo menambahkan, selain gencar dalam pelaksanaan vaksinasi, Sukun Grup juga gencar dalam pelaksanaan tracing dan testing. Pasca libur lebaran lalu, Sukun Grup melaksanakan rapid antigen bagi semua karyawan dan buruhnya.

Dari 6.000 orang, ada 45 yang reaktif dan kemudian dilakukan swab. Hasilnya, ada sebanyak 43 orang positif dan kemudian dilakukan isolasi mandiri terpusat.
“Kami beri bantuan sembako, uang saku, dan obat, itu adalah salah satu bentuk kepeduian dan komitmen kami untuk melawan pandemi ini,” jelasnya.

Sementara Satgas Penanganan Covid-19 Deka Hendratmanto menambahkan, Sukun Grup telah menyeseuaikan lingkungan kerjanya dengan kondisi maupun kebijakan pemerintah terkait Covid-19 di Kudus.
Mulai dari pembatasan jam kerja yang semula 12 jam menjadi enam jam saja, pengurangan kerumunan dengan sistem sif, hingga standar operasional prosedur lainnya yang berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan.

Sebagian besar karyawan maupun buruh di Sukun Grup, lanjut Deka, juga telah melakukan vaksinasi Covid-19. Hanya memang ada beberapa yang belum lolos skrining vaksinasi.
“Namun sebagian besar telah melaksanakan vaksinasi, kami juga terus berupaya menyelaraskan kebijakan kantor dengan kebijakan pemerintah daerah demi mendukung pemutusan rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Kudus ini,” jelas Anton.

Proses vaksinasi bagi masyarakat umum di Klinik Pratama Sukun Grup (KPSG) sendiri ditinjau oleh Kepala kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada Kamis (17/6/2021) sore.

Turut pula hadir dalam rombongan, yakni Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga tampak mendampingi di belakang.

Views: 32