Juli 27, 2024

Lukisan Raksasa, Hadiah Hari Jadi ke-518 Demak

lukisan raksasa

lukisan raksasa

Demak, Radarmurianews.com - Hari jadi kota selalu menjadi momen paling dinanti oleh warga. Pada ulang tahunnya yang ke-518, Demak mendapat hadiah spesial dari warga, tepatnya dari Forum Demak Kreatif. Hadiah tersebut merupakan sebuah lukisan raksasa berukuran 8 x 1,5 meter. Lukisan ini nantinya akan di pajang dan dipamerkan di Museum Masjid Agung Demak.

DEMAK, Radarmurianews.com – Sejumlah seniman di kabupaten Demak tak kehilangan kreativitas di tengah pandemi Covid-19 dengan membuat karya seni lukis Bertema “Nguri-Uri Budaya” Mereka tergabung dalam komunitas seni yang dinamakan Forum Demak Kreatif.

Karya seniman ini akan dijadikan sebuah kado bagi Kabupaten Demak yang sebentar lagi akan merayakan hari jadinya yang ke-518.

Lukisan berukuran 1.5×8 meter bertema Nguri-Uri Budaya sendiri menceritakan tentang sejarah wayang Demak. Sultan Demak pertama, Raden Fatah, sangat gemar pada kesenian wayang, yang juga sangat digemari oleh penduduknya. Tapi, meskipun Raden Fatah adalah seorang penguasa, negarawan, seniman, ahli hukum, ahli ilmu kemasyarakatan, dan juga ulama yang memiliki kemampuan membaca fenomena sosial, dia tetap memohon pertimbangan dari para ulama untuk mengembangkan kesenian wayang agar sesuai dengan ajaran Islam Menurut Takmir Mesjid Agung Demak.

Dalam penyerahannya, lukisan bertema Nguri-Uri Budaya akan diserahkan oleh Bapak Ershad selaku ketua Forum Demak Kreatif kepada ketua takmir Masjid Agung Demak. Acara serah terima dilakukan di Masjid Agung Demak, 24 Maret 2021 pukul 10.00 wib.

Ershad menuturkan bahwa si Nguri-Uri Budaya ini, goresan pertamanya dilakukan oleh PLH Bupati, Drs.Joko Susanto, dan Forkompimda kabupaten Demak. Dengan adanya penyerahan lukisan terbesar di Demak ini, diharapkan mampu memotivasi semangat warga dan kaum muda. Baik semangat dalam berkarya mau pun semangat dalam menggalakkan wisata.

Views: 42