Juni 16, 2024

Harlah NU Ke-98, PR NU Wates Gelar Istigasah Bersama dan Santunan Dhuafa


Kudus, radarmurianews.com – Pimpinan Ranting Nahdlotul Ulama’ (PR NU) Wates menggelar acara istigosah bersama dengan para kiai dan warga masyarakat di Masjid Jami Baiturrohman Desa Wates, Sabtu (27/02/2021)

Ketua panitia pelaksana kegiatan Khoirul Anwar mengatakan bahwa istighosah ini digelar guna memperingati Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW dan Harlah NU Ke-98 (Hijriyah).

Harlah ke-98 NU

“Istighotsah kali ini kita laksanakan dengan sederhana dalam bentuk Istigasah untuk kita hadiahkan doa pada para mu’assis NU sembari ngalap barokah mengambil uswah hasanah dari perjuangan para mu’assis NU juga dimaksudkan untuk keselamatan bangsa dari berbagai bencana” katanya.

Kegiatan ini, lanjut dia diawali dengan Hadroh Arwah Jami dan Khotmil Quran bil ghoib mulai pagi dini hari, kemudian dilanjut malam hari Istigosah bersama dan santunan dhuafa, Fakir Miskin.

Kegiatan tersebut merupakan Program Kerja dari PR NU Wates dan Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Desa Wates.

“Ini merupakan Progja PR NU melalui LAZIZNU” tututnya

Pemberian santunan ini merupakan bantuan yang diberikan oleh LAZIZNU Desa Wates kepada 161 dhuafa dan orang Fakir Miskin dengan jumlah total 32 juta.

Untuk dana santunan, lanjut dia, selain dari pihak dermawan, dana juga diperoleh dari warga setempat dengan Program infaq nahdlatul ulama Kudus atau disebut INUK.

INUK sendiri merupakan program dari LAZIZNU yang berpedoman dari masyarakat untuk masyarakat dan untuk membangun kepedulian sosial sesama warga.

“Jadi setiap rumah ada kaleng INUK, masyarakat bebas mengisi berapapun untuk dimasukan ke kaleng kemudian nanti ada petugas yang mengumpulkan” ucapnya.

selain progam santunan dhuafa dan fakir miskin, kata dia, ada juga progam sosial kematian yang diberikan kepada keluarga yang mendapatkan musibah kematian.

Sementara itu, Ketua LAZIZNU Wates Andy Fahrudi berharap semoga bantuan yang diberikan dapat meringankan beban masyarakat dan dapat digunakan sebaik mungkin.

“Bantuan ini minimal membantu beban masyarakat akibat dampak dari banjir yang mengurangi pedapatan untuk kebutuhan sehari-hari dan biaya pendidikan” tuturnya.

Terlebih pada saat ini, lanjut dia, panen yang diharapkan bisa membantu perekonomian tetapi sebagian besar terendam air yang mengakibatkan gagal panen.

“Kami berharap untuk koin INUK di ranting Wates kedepannya bisa memberikan manfaat berkesinambungan untuk warga Desa Wates secara kusus dan warga nahdliyin secara umum” tutupnya.(rum)

Views: 53