Juni 22, 2024

Bulan Rajab dan Keutamaan Puasa Rajab

Radarmurianews.com – Segenap umat islam di dunia akan memasuki bulan Rajab. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dari 12 bulan. Menurut perhitungan kalender Hijriyah, 1 Rajab 1442 H jatuh pada Sabtu (13/2/2021) besuk. Pada bulan ini umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, zikir, dan doa .

Bulan Rajab adalah Bulan Haram

Bulan Rajab terletak antara bulan Jumadal Akhiroh dan bulan Sya’ban. Bulan Rajab sebagaimana bulan Muharram termasuk bulan haram. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At Taubah: 36)

Ibnu Rajab mengatakan, ”Allah Ta’ala menjelaskan bahwa sejak penciptaan langit dan bumi, penciptaan malam dan siang, keduanya akan berputar di orbitnya. Allah pun menciptakan matahari, bulan dan bintang lalu menjadikan matahari dan bulan berputar pada orbitnya. Dari situ muncullah cahaya matahari dan juga rembulan. Sejak itu, Allah menjadikan satu tahun menjadi dua belas bulan sesuai dengan munculnya hilal. Satu tahun dalam syariat Islam dihitung berdasarkan perpuataran dan munculnya bulan, bukan dihitung berdasarkan perputaran matahari sebagaimana yang dilakukan oleh Ahli Kitab.” (Latho-if Al Ma’arif, 202)

Ada banyak keistimewaan yang didapat umat Islam bila berpuasa pada bulan Rajab.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan dan rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut.” (HR. BUKHARI MUSLIM)

Berikut enam keistimewaan puasa di Bulan Rajab :

– Melaksanakan puasa sebulan

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan.”

“Bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam.”

“Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga.”

“Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya. (HR.At-Thabrani)

– Mencatat amalnya selama 60 bulan

.Rasulullah SAW bersabda, “barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.” (Abu Hurairah)

– Apabila puasa selama 7 hari pada bulan Rajab, maka akan menutup pintu neraka baginya.

– Apabila puasa selama 8 hari pada bulan Raja, maka akan membuka 8 pintu surga untuknya.

– Apabila puasa selama 10 hari pada bulan Rajab, maka akan menghapus dosa dosanya dan diganti dengan kebaikan

– Apabila puasa sehari pada bulan Rajab maka akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga.

Berikut niat puasa Rajab dilengkapi lafal latin dan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.

Niat puasa Rajab boleh dilakukan saat pagi atau siang hari ketika sudah melewati waktu subuh.Keistimewaan Puasa di Bulan Rajab.

Demikian keutamaan Puasa Rajab. Semoga bermanfaat.

Views: 31