Februari 25, 2024

Mawar Hartopo Siap Libatkan Komunitas Chef dalam Program Ketahanan Pangan

Radarmurianews.com – Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus, Hj. Mawar Hartopo, menyaksikan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) UPTD BLK Kudus dengan Komunitas Chef Muria Kudus (Konchefmuku). Penandatanganan dilakukan antara Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kabupaten Kudus, Marti, dengan Ketua Komunitas Cheft Muria Kudus, Totok Sunarto.

Para cheft yang tergabung dalam Konchefmuku mempraktikkan teknik memasak bebek dengan metode sous vide, teknik membuat kremesan, cara membuat aneka sambal, snack, dan bakery, serta kreasi kopi muria.

Bertempat di UPT Balai Pelatihan Kerja Kabupaten Kudus, Kamis (26/11/2020), Mawar Hartopo juga berkesempatan untuk mengikuti demo cooking class. Para cheft yang tergabung dalam Konchefmuku mempraktikkan teknik memasak bebek dengan metode sous vide, teknik membuat kremesan, cara membuat aneka sambal, snack, dan bakery, serta kreasi kopi muria.

Mawar Hartopo dalam sambutannya mengapresiasi kerja sama yang dilakukan antara Disnaker Perinkop dan UKM Kabupaten Kudus dengan Konchefmuku. Dirinya menaruh harapan besar agar sinergi tersebut mampu meningkatkan keterampilan masyarakat dalam menciptakan kreasi kuliner yang bermuara pada peningkatan ekonomi.

“Kami sangat apresiasi kegiatan ini. Semoga keterampilan mbak dan mas chef di sini bisa ditularkan ilmunya. Sehingga, bermanfaat untuk masyarakat, terutama ibu-ibu dalam menambah perekonomian keluarga. Ayo sama-sama kita bangkitkan perekonomian Kudus,” ujarnya.

Menurut Mawar Hartopo, kegiatan tersebut sangat berkaitan dengan program Pokja 3 PKK dalam hal ketahanan pangan. Pihaknya sedang berupaya mengembangkan kreasi menu berbahan dasar tepung mocaf sebagai sumber pangan lokal. Maka dari itu, dirinya berencana untuk melibatkan Konchefmuku untuk meningkatkan keterampilan ibu-ibu PKK dalam mengolah sumber pangan lokal.

“Kedepannya mungkin kita bisa berkolaborasi untuk meningkatkan keterampilan ibu-ibu PKK dalam mengolah sumber pangan lokal. Beberapa waktu lalu, kami sudah coba mengembangkan menu hidangan dengan bahan tepung mocaf. Upaya ini sebagai Gerakan Konsumsi Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA),” katanya.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) UPTD BLK Kudus dengan Komunitas Chef Muria Kudus (Konchefmuku)

Plt. Kepala Disnaker Perinkop dan UKM, Marti, melaporkan bahwa penandatanganan MoU sebagai penguatan kerja sama dalam meningkatkan keterampilan masyarakat dalam bidang kreasi kuliner. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya mengundang 50 peserta yang terdiri dari anggota Konchefmuku, serta perwakilan anggota dari berbagai organisasi wanita di Kabupaten Kudus. Di sisi lain, Ketua Konchefmuku, Totok sunarto menyampaikan apresiasi atas dilibatkannya komunitas chef dalam memajukan Kabupaten Kudus di bidang kuliner. Dengan MoU tersebut, pihaknya siap berkontribusi dalam peningkatan perekonomian masyarakat melalui dunia kuliner UMKM. Pihaknya juga berharap dapat berkolaborasi dengan TP PKK Kabupaten Kudus dalam mengasah keterampilan memasak bagi anggota dan kader PKK

Visits: 26