Juli 27, 2024

Mantan Kiper Timnas Spanyol dan Real Madrid, Iker Casillas Gantung Sepatu

RADARMURIANEWS.COM- Pesepakbola Iker Casillas secara resmi mengumumkan pensiun dari sepakbola, mengakhiri karier lebih dari 20 tahun sebagai penjaga gawang.

Mantan penjaga gawang timnas Spanyol dan Real Madrid ini gantung sarung tangan di usia 39 tahun.

Pernyataan pensiunnya itu diunggah diakun media sosialnya Twitter dan Instagram @ikercasillas, miliknya pada hari Selasa (4/8/2020).

Pada akun Instagramnya langsung dibanjiri komentar oleh 24 ribu lebih followers setelah 7 jam di uploadnya.

Casillas sebetulnya sudah tidak melakoni pertandingan kompetitif sejak Mei 2019 ketika ia didiagonosis mengalami masalah serius pada jantungnya.

Kala itu, kiper pemenang Piala Dunia ini tengah berlatih bersama FC Porto klubnya terakhir.

Casillas masuk skuad Porto di musim 2019/20, tapi ia tidak sekalipun bermain sambil terus menunggu progres kesehatannya.

Iker Casillas bersama rekannya di Real Madrid saat meraih juara Champion (Instagram/@ikercasillas)
Dalam postingannya, Iker Casillas menuliskan di wallnya dalam bahasa spanyol.

“Yang terpenting adalah proses perjalanan yang Anda lakoni dan orang-orang yang menemani Anda, bukan destinasi akhir, tanpa diragukan lagi, saya bisa bilang bahwa ini adalah perjalanan yang tepat dan tempat tujuan yang diimpikan. Terima kasih,” tulisnya.

Nama Casillas mencuat ke panggung sepakbola dunia sejak dipromosikan ke tim utama Real Madrid.

Total, ia mampu mencatatkan 725 penampilan bersama Los Blancos dan turut mengangkat lima gelar La Liga Spanyol dan tiga trofi Liga Champions.’

Bersama timnas Spanyol, kariernya tidak kalah cemerlang. Ia menjadi kapten timnas negaranya saat menjuarai Piala Dunia 2010 dan juga sukses meraih Euro 2008 dan 2012.

Pada 2015, ia hijrah ke Portugal dan mampu mencatatkan 156 penampilan serta merengkuh dua gelar Primeira Liga bersama FC Porto.

Kini, Casillas bersiap untuk memulai kariernya di luar lapangan hijau. Beberapa waktu lalu, ia mengumumkan akan maju sebagai calon presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Selalu tampil konsisten membela timnas Spanyol dan klubnya (Instagram/@ikercasillas)

Kabar pensiunnya Casillas turut ditanggapi Real Madrid. Bukan apa-apa, mantan kapten Timnas Spanyol itu memang jebolan akademi Los Blancos dan sudah berkarier di Santiago Bernabeu sejak 1999, sebelum akhirnya dia pindah ke Porto pada 2015 dan gantung sepatu di sana.

Perez menjadi perwakilan Madrid yang menyampaikan salam perpisahan buat mantan kapten timnya tersebut.

Presiden Los Merengues itu menilai Casillas sudah menjadi salah satu simbol kebesaran El Real.

Iker Casillas saat berpisah dengan Real Madrid berfoto di depan trophy yang pernah diraihnya (Instagram/@ikercasillas)
“Iker Casillas adalah salah satu simbol besar Real Madrid. Sebagai Madridistas hari ini kami semua sangat bangga dengan salah satu kapten abadi kami,” kata Perez, dilansir dari Mundo Deportivo.

“Hari ini Iker Casillas mengucapkan selamat tinggal sebagai pemain profesional, setelah berkontribusi lebih meningkatkan kejayaan Real Madrid. Dia datang ke klub kami sebagai seorang anak usia 9 tahun dan di sini dia telah tumbuh, dilatih, serta menjadi patokan bagi semua penggemar sepakbola,” sambungnya.

“Dari Real Madrid hari ini kami ingin menyampaikan cinta kami, kekaguman kami, dan tentu saja terima kasih kami untuk semua yang telah ia berikan kepada kami, baik di dalam maupun di luar lapangan. Iker mewakili nilai-nilai Real Madrid,”.

“Bersama klub ini, dengan lambang dan baju ini, dia telah memenangkan segalanya. Untuk Real Madrid dan bagi penggemar Madrid di seluruh dunia, merupakan suatu kehormatan memiliki kiper dan kapten seperti Iker Casillas,” demikian kata Perez.

UV

Views: 24