September 8, 2024

Demi Menjaga Ekosistem Lingkungan, Hartopo Bersama Kapolda dan Pangdam Pohon dan Tebar Benih Ikan

RADARMURIANEWS.COM- Ekosistem lingkungan perlu dijaga dan dilestarikan. Ini semata untuk meminimalisir pemanasan global yang makin hari makin mengkhawatirkan. Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Kudus Hartopo mengapresiasi langkah Djarum Foundation yang menyelenggarakan acara Penanaman Bibit Pohon, Penebaran Benih Ikan, dan Bakti Sosial di Bendungan Logung, Rabu (9/9).

“Peristiwa ini sangat baik untuk lingkungan dan masyarakat. Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk masa kini dan masa depan,” ujarnya.

Selain itu, Plt. Bupati Kudus mengungkapkan, Kudus memiliki potensi wisata yang luar biasa, termasuk Bendungan Logung. Namun, pendanaan daerah yang kurang memadai menjadikan potensi wisata di Kudus belum maksimal digarap. Oleh karena itu, pihaknya mengundang Corporate Social Responsibility (CSR) maupun investor untuk membantu Pemerintah Kabupaten Kudus menata potensi tersebut.

“Bendungan ini sudah jadi dua tahun, tapi belum diresmikan. Padahal, (bendungan) ini punya potensi luar biasa. Kita mengundang CSR maupun investor untuk bisa menata,” ajaknya.

Dalam kesempatan tersebut, Hartopo mengaku senang Kudus kedatangan tamu spesial seperti, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah Irjen. Pol. Ahmad Luthfi dan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari. Pihaknya menyambut baik dan mengucapkan selamat datang untuk petinggi TNI/Polri di wilayah Jawa Tengah itu.

“Sugeng rawuh pak Kapolda dan pak Pangdam. Suatu kebahagiaan bagi kami Kudus didatangi panjenengan semua. Mudah-mudahan, ini menambah spirit kami,” imbuhnya.

Sementara itu, Vice President Djarum Foundation FX. Supanji mengaku, kegiatan ini memang ditujukan untuk lingkungan dan masyarakat. Lingkungan kembali hijau dan asri, masyarakat pun sejahtera dan hidup berkesinambungan dengan lingkungan. Maka, ia mengajak insan masyarakat Kudus untuk selalu ingat pentingnya lingkungan bagi kehidupan baik generasi sekarang maupun generasi yang akan datang.

“Ini adalah momentum agar kita selalu harmonis dengan lingkungan,” katanya.

Senada, Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Ahmad Luthfi mengatakan, lingkungan sangat penting dijaga dan dilestarikan. Apalagi, potensi wisata berwawasan lingkungan diyakininya bisa didapati di Bendungan Logung. Maka, kegiatan ini tak lain adalah pemicu munculnya pariwisata lingkungan. Pariwisata jalan, ekonomi masyarakat juga akan bertambah.

“Acara ini sebenarnya trigger untuk pariwisata lingkungan. Tidak masalah, pariwisata dibuka saja pak Bupati. Pariwisata berbasis lingkungan jalan, ekonomi masyarakat juga jalan,” tuturnya.

Kemudian, Plt. Bupati Kudus bersama Kapolda Jateng, Pangdam IV Diponegoro, Vice President Djarum Foundation, dan segenap Forkopimda Kudus memberikan bantuan secara simbolis kepada masyarakat desa Tanjungrejo. Kemudian, acara dilanjutkan dengan menanam bibit pohon dan penebaran benih ikan.

Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan menuju potensi wisata baru, Bukit Persil dengan mengendarai kendaraan Offroad. Terakhir, rombongan menuju Djarum Oasis untuk ramah tamah dan santap siang bersama.

UV

Views: 9